fbpx

10 PEKERJAAN IDEAL UNTUK KAMU, KAUM INTROVERT

27 July, 2022

Memang beneran sulit bagi kaum introvert mencari pekerjaan? Stop! Jangan underestimate dulu. Coba baca tulisan ini biar pikiran kamu terbuka luas!

Stereotip masyarakat yang sering muncul terhadap introvert adalah mereka pendiam, pemalu, dan sulit diajak kerjasamasa. Secara tidak langsung anggapan ini berdampak pada diri mereka sehingga tak jarang introvert cukup sulit berkembang. Apa kamu juga berpikir demikian?

Awalnya penulis juga memikirkan hal yang sama. Namun, jika diselidiki ternyata banyak lho orang-orang expert di bidangnya yang kita kenal hari ini justru berwatak introvert. Contohnya adalah Melly Goeslaw. Doi mengaku sebagai seorang introvert di salah satu podcast terbaru akun Youtube “Daniel Tetangga Kamu”.

Jadi apa itu introvert?

Melansir https://www.verywellmind.com/signs-you-are-an-introvert-2795427 , kata introvert digunakan untuk menggambarkan seseorang yang cenderung ke dalam, artinya mereka lebih fokus pada pikiran, perasaan, dan suasana hati internal daripada mencari rangsangan eksternal.

Seorang introvert akan merasa aman dan nyaman saat sendiri dibanding berkumpul dengan banyak orang. Introvert akan mengeluarkan energi dalam situasi sosial. Misalnya setelah menghadiri pesta atau menghabiskan waktu dengan sekelompok besar orang, introvert sering merasa perlu untuk "mengisi ulang" dengan menghabiskan waktu sendirian.

Nah, berikut tanda-tanda kalau kamu seorang introvert :

  • Berada di lingkungan sosial akan menghabiskan energimu
  • Kamu adalah si penikmat kesendirian
  • Tidak perlu banyak teman, yang penting kualitas pertemanannya
  • Pekerjaan apapun sebisa mungkin kamu lakukan sendiri

Ingat, semua hal punya sisi baik dan buruknya. Ini dia kualitas kinerja seorang introvert :

  • Loyalitas terhadap pekerjaan
  • Disiplin mode, biasanya bos banyak yang suka
  • Mandiri
  • Pengamat yang baik
  • Fokus
  • Pendengar yang baik
  • Kreatifitas tanpa batas

Bagi kamu yang tergolong introvert dan bingung memilih pekerjaan yang sesuai dengan watakmu, kami akan rangkum 10 pekerjaan yang cocok untuk kaum introvert!

  1. Fotografer

Jika kamu memiliki sense of art, jeli melihat sudut terbaik, dan pandai memotret maka menjadi seorang fotografer adalah pekerjaan terbaik.

Salah satu keunggulan yang dimiliki introvert adalah kreatifitas dan khalayannya. Dengan menjadi fotografer, banyak jenis kondisi yang bisa kamu sesuaikan dengan “kekuatanmu”. Misal, ga mau ketemu orang banyak maka pilih job foto model, mau sembari self healing maka pilih travel photograph.

Pekerjaan ini akan mengasah instingmu sebagai seorang fotografer juga kreatifitas akan di uji.

Selain itu banyak juga fotografer yang mengatur jadwal mereka sendiri sehingga mereka dapat mengatur ulang jadwal mereka sesuai suasana kondisi mental saat itu.

 

  1. Penulis

Seorang introvert sangat ahli mengekspresikan dirinya dalam tulisan dibandingkan secara lisan. Maka menjadi seorang penulis adalah pilihan tepat.

Seorang penulis bisa terjun di dunia content writingcopywriting, penulis skenario dan masih banyak lagi. Di era digital saat ini, banyak perusahaan membuka kesempatan kerja bagi para penulis, salah satu tawaran yang dijanjikan adalah work from anywhere dan kesempatan ini sangatlah di idam-idamkan oleh kaum introvert.

 

  1. Programmer

Seorang programer dinilai cocok untuk para introvert. Mengapa demikian? Ini didasarkan pada job description mereka yang sudah disusun dan terdata jelas. Satu hal yang pasti, mereka hanya berfokus pada seperangkat PC dari pagi hingga petang.

Pada pekerjaan ini, kamu dapat bekerja di industri dan perusahaan yang berbeda, bisa saja bekerja penuh waktu bahkan paruh waktu dengan kemungkinan bekerja secara remote/bekerja jarak jauh.

 

  1. Konsultan

Salah satu keunggulan yang dimiliki introvert adalah mereka pendengar yang baik dan memiliki kemampuan empati yang baik pula. Jika kamu suka dengan hubungan antar manusia atau interpersonal, maka menjadi konsultan sangat cocok dengan kepribadianmu.

 

  1. Graphic Designer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert berikutnya adalah graphic designer. Seorang graphic designer menuangkan ide mereka dalam bentuk visual. Kreatifitas dan inovasi menjadi kunci pada pekerjaan ini dan disini pula letak kekuatan introvert.

Jika kamu punya kreatifitas dan menyukai teknologi, kamu bisa masukkan ini dalam daftar pekerjaanmu.

Pekerjaan ini juga dapat dilakukan di rumah dan tentunya ini sangat bermanfaat karena sistem kerjanya yang fleksibel.

 

  1. Pustakawan

Pustakawan diyakini menjadi salah satu pilihan pekerjaan terbaik untuk introvert. Pasalnya, seorang pustakawan tidak diharuskan untuk berinteraksi dengan banyak orang juga dapat bekerja di tempat yang tenang.

Tugas mereka adalah menata buku masuk-buku keluar, membantu pengunjung mencari buku yang mereka cari ataupun merekomendasikan buku-buku terbaik.

 

  1. Peneliti/Ilmuwan

Jika kamu tertarik meneliti dan menemukan fakta baru dalam bidang keilmuan, maka pekerjaan ini sangat cocok. Seorang ilmuwan riset dapat bekerja untuk berbagai organisasi, dari organisasi pendidikan hingga pemerintah atau lingkungan.

 

  1. Penerjemah

Jika kamu punya kemampuan bahasa lebih dari 2, maka pekerjaan ini sangat cocok. Tak jarang seorang penerjemah, bisa bekerja dari mana saja dan menerapkan sistem kerja remote.

Hal positif lainnya, tidak perlu bertemu banyak orang dalam pekerjaannya.

Diyakini seorang penerjemah akan sangat bagus performanya jika mereka bisa bekerja sendiri dan fokus.

 

  1. Akuntan

Seorang akuntan dapat bekerja di berbagai industri. Sebagai pekerjaan yang dibutuhkan dan berkembang, seorang akuntan hanya sesekali menjumpai klien one on one dan kinerjanya akan bagus dengan bekerja sendiri.

Pekerjaan ini cocok apabila kamu suka dengan analisis angka-angka, laporan keuangan, menganalisa peluang dan resiko. Cocok bagi introvert yang memiliki sikap teliti dan fokus.

 

  1. Mekanik

Jika kamu suka dengan pekerjaan yang membutuhkan keahlian tangan namun tidak banyak mengobrol maka pilihan yang tepat adalah menjadi mekanik. Seorang mekanik hanya berfokus pada job description mereka yaitu memeriksa, memperbaiki, dan melakukan perawatan pada sebuah barang. Pekerjaan mereka tidak banyak menghabiskan waktu dalam berinteraksi sosial.

 

Nah, itulah rekomendasi pekerjaan terbaik yang dinilai pas untuk kaum introvert. Ingat, walaupun terdapat banyak pilihan pekerjaan, jangan sampai kamu memilihnya sembrono ya!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ullya Muflihatin
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram