fbpx

4 Kartun Edukasi Anak Muslim (Serial Animasi Anak-Anak)

February 11, 2021
Moms, ada rasa khawatir nggak sih saat menyediakan jatah screen time untuk anak? Konten apa  ya yang bisa disajikan untuk hiburan sekaligus belajar adab dalam agama Islam? Nah, Moms bisa mencoba untuk menyajikan serial animasi ini untuk menemani si kecil saat screen time. Namun, tetap dampingi mereka ya! dan bijak dalam durasi hehe. Inilah rekomendasi 4 kartun edukasi anak muslim dari aku:

 

1. Nussa Rara

        Kartun Nussa Rara digagas oleh Mario Irwinsyah, berkolaborasi dengan 4 Stripe Production. Lantas digarap oleh studio animasi The Little Giantz. Kartun ini pertama kali muncul pada November 2018 lalu. Kartun Nussa dan Rara ini bisa dinikmati di channel YouTube Nussa Official.
        Serial tersebut menceritakan kehidupan sehari-hari dari anak laki-laki bernama Nussa dan adik kecil perempuannya bernama Rara. Nussa dan Rara tinggal bersama ibunya (Umma). Kartun ini memiliki banyak sekali pesan moral dan edukasi ajaran islam di setiap episodenya. Nussa dan Rara adalah adik beradik yang selalu saling mengingatkan dalam kebaikan. Di sini juga terdapat lagu-lagu islami yang mudah dihapalkan anak-anak. Kartun ini adalah hasil karya anak Indonesia lho.
2. Yufid Kids
        Yufid Kids Channel berisi tentang video belajar anak muslim. Video ini meliputi pembelajaran anak dengan media hiburan yang menarik, kreatif serta mengedepankan pendidikan agama islam. Kontennya yaitu seperti belajar membaca, belajar huruf, belajar huruf hijaiyah, belajar mengenal angka, belajar bahasa, belajar mengaji, belajar bahasa arab, dengan video kartun animasi anak yang islami, lucu, dan keren.
        Tokoh dalam Yufid Kids ini faceless, Moms. Ini juga buatan Indonesia. Moms bisa tengok langsung di channel YouTube Yufid Kids. 
3. Riko the Series

 

        Riko The Series adalah serial animasi anak yang diciptakan oleh Teuku Wisnu, Arie Untung, dan Yuda Wirafianto. Serial ini bergenre hiburan pendidikan dan dianimasikan oleh Garis Sepuluh. Riko the Series dirilis pada 9 Februari 2020 pada kanal YouTube Riko the Series.
Riko adalah anak yang pintar dan energik. Namun, tak jarang juga Riko selalu ceroboh dalam melakukan eksperimen yang dia lakukan. Dia memiliki keingintahuan yang begitu besar, namun Riko tetap selalu bersyukur kepada Allah SWT. Di sini Riko bersama kakaknya, Umi, Ayah dan Kio (robotnya). Khasnya di sini adalah terdapat tayangan membaca surat-surat dalam Al-Qur'an, terutama surat pendek.
4. Omar & Hana
        Serial ini berasal dari Malaysia. Kontennya berisi kehidupan sehari-hari Omar  Hana yang terkadang bertengkar, namun selalu mengingatkan pada kebaikan. Di sini Moms akan sering mendengarkan lagu-lagu bernuansa Islami. Moms langsung aja cuss ke YouTube channel Omar & Hana.
 **
Pedoman screen time pada anak menurut WHO:
  • Screen time tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah 1 tahun.
  • Screen time yang membuat untuk anak usia satu tahun tidak banyak bergerak seperti menonton TV atau video tidak disarankan. Screen time yang disarankan pada anak usia 2 tahun tidak lebih dari satu jam, lebih sedikit lebih baik.
        Nah Moms, bagaimana rekomedasinya? Kira-kira serial animasi apa lagi ya yang bernuansa Islami dan mendidik untuk anak-anak?
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, Antologi's book author, Digital illustrator, Life long learner.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram