fbpx

5 Hal Aneh Di Belitung

February 11, 2021

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar Belitung? Pasti pantai pasir putih dengan laut berwarna biru muda plus batu-batu besar. Laskar Pelangi memang menguatkan branding Belitung menjadi seperti itu. Pantai Tanjung Kalayang adalah tujuanku ke Belitung, sebab lokasi ini masuk ke daftar 10 Bali Baru versi Kemenpar. Tapi, selama di Belitung aku justru menemukan hal-hal yang tak biasa dan sayang untuk disimpan sendiri. Bukan island hoping atau mercusuar pulau lengkuas, kalau itu sih kalian sudah bisa browsing sendiri. Inilah 5 hal ajaib cenderung aneh dari Belitung.

1. Tidak ada alfamart dan indomaret

Ini bukan sponsored post ya, tapi aku sebut merek sajalah langsung. Alfamart dan Indomaret itu sudah menjadi hal yang umum dan ada dimana-mana. “aduh perlu ini…” “okedeh ntar aja beli di alfa atau indomaret”. Gitu biasanya, mau di kota atau di desa (utamanya kita yang tinggal di pulau Jawa).

Itu juga yang aku pikirkan waktu elitung. Aku punya niatan buat ngemper di alfamart atau indomaret 24jam. Ya biasanya kan di terasnya ada kursi dan colokan, trus bisa mesen kopi juga. Perfect lah buat backpackeran.

Ketika kakiku mencapai negeri Laskar Pelangi, aku tak menemukan semacam toko swalayan di bandara Tanjung Pandan. Pikirku “oh mungkin lokasinya nyempil, nanti saja deh di kota kalau mau beli-beli tisu dll”.

Ternyata hingga motor sewaanku sampai di pusat Kota yang ada tugu batu meteor itu, tak satupun indomaret dan alfamart kutemukan. Tapi, ada toko-toko sejenis sih. Babel mart, Belitung mart, dan ‘mart-mart’ lainnya.

Usut punya usut, Pemda memang melarang adanya alfamart dan Indomaret di Belitung. Wooww!!! Menurutku ini sangat menarik. Padahal Belitung sekarang hidup dari sektor wisata yang mana orang ‘luar Belitung’ macam aku ini terbiasa apa-apa ke dua toko tadi. Sebuah langkah yang berani dan harusnya ditiru daerah lain.

Bagaimana dengan Supermarket? Di Belitung nggak ada Matahari, Giant, Carefour, apalagi Farmers market. Gantinya adalah supermarket-supermarket lokal, yang jualannya juga lengkap kok. Aku nyobain belanja di tempat yang lumayan terkenal karena kelengkapannya di Belitung, yaitu “Puncak”. Iya, supermarketnya namanya "Puncak" ahhaha.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
nurul inayah
Saya suka baca buku dan nonton film, suka ngeblog di Innnayah.com dan ngobrol di podcast Beropini
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram