fbpx

5 Macam Soto di Indonesia. Mana yang Belum Kamu Coba?

4 September, 2021

Tiba-tiba ingat soto dan suatu percakapan tentang soto. Jadi aku putuskan untuk menuliskan macam-macam soto di Indonesia aja sekalian,  hehe . Kira-kira mana aja ya soto yang udah dan belum kamu coba?

 

 

Waktu itu aku baru menikah dan ibu mertua datang ke rumah dari Jateng. Aku masakin beliau soto, tapi soto khas tempat asalku di bumi ngapak. Ada satu pertanyaan beliau yang sampai sekarang kalau diingat aku jadi ketawa sendiri.

Ibu bertanya, "Ini soto? Kok kaya ketoprak?". Auto  menciut dong jiwa  cheff -ku saat itu. Mungkin nggak cocok kali ya di lidah ibu mertua  hahaha .

But hey, aku jadi ingat bahwa namanya memang sama, yaitu soto. Tapi jenisnya ada banyak kan di Indonesia tuh. Okay kita ulik bareng-bareng ya.

1. Sejarah Soto di Indonesia

Nggak lengkap rasanya mengulik sesuatu tanpa tahu sejarahnya. Akhirnya aku cari deh tuh asal-usul soto dan ketemu dari artikel regional.kompas.com. Begini kira-kira resume-nya.

Dikutip dari Indonesia.go.id, Ari (antropolog dari Universitas Brawijaya) mengatakan dari sebuah catatan kaki yang ditulis Indonesianis asal Prancis Denys Lombard, soto berasal dari makanan populer abad ke-19 yang aslinya bernama caudo atau jao to.

Caudo  ATAU  jao untuk  Berarti 'rerumputan' jeroan ATAU jeroan berempah. Lombard menyebut  caudo pertama  kali populer di Semarang di abad ke-19. Hal yang hampir sama juga disampaikan seorang peneliti lain, Aji "Chen" Bromokusumo. Ia mengatakan soto bersal dari kata  shao du  atau  sao tu  yang berarti memasak jeroan.

Selengkapnya di www.nurrahmahwidyawati.com

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, Content Creator, Digital Art Enthusiast, Life long learner
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram