fbpx

Centella asiatica atau yang dikenal dengan nama daun pegagan memang berkhasiat tinggi untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Karena itu, banyak produk skincare yang mengandalkan manfaat centella ini sebagai bahan utamanya.

5 Manfaat Centella

Penasaran apa saja manfaat centella yang menyehatkan dan mempercantik kulit?

1. Menjaga Kelembaban

Ekstrak centella asiatica bisa meningkatkan kadar minyak alami kulit, sehingga mempertahankan kelembaban dan elastisitas kulit. Selain itu, saponin dari tumbuhan ini juga dapat mencegah penguapan air dari lapisan epidermis kulit, agar kulit terhindar dari kekusaman, rasa gatal, maupun keriput.

2. Mengurangi Peradangan

Kandungan saponin juga bisa melindungi kulit dan menghambat sel-sel pemicu peradangan untuk meredakan iritasi kulit.

3. Mencegah dan Mengobati Kerusakan Kulit

Tak hanya mencegah, antioksidan flavonoid dan phenolic acid di dalam tanaman ini juga bisa mengurangi peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar UV dan polutan. Selain itu, daun pegagan juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan menunjang pembentukan pembuluh darah maupun sel kulit baru.

4. Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Zat aktif di dalam centella asiatica bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan berbagai jenis luka, termasuk luka bakar, luka pasca operasi, dan luka penderita diabetes.

5. Mencegah Penuaan Dini

Terakhir, daun pegagan juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan menunjang pembentukan pembuluh darah maupun sel kulit baru, sehingga mencegah penuaan dini.

Setelah memahami 5 manfaat centella untuk kesehatan dan kecantikan kulit tersebut, mari gunakan skincare yang mengandung centella asiatica.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Alia Winaryo
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram