fbpx

5 Obat Alami Redakan Batuk Pilek Anak

February 16, 2021

Memasuki musim pancaroba sekaligus masih dalam era pandemi bikin kita sebagai ibu jadi dagdigdug ketika denger si kecil batuk. Pikiran jadi kemana-mana dan gak jarang berujung cemas berlebih yang justru bikin imun tubuh menurun alhasil gampang ketularan.

Saya termasuk orang yang jarang kasih anak-anak obat alopathy, atau kimia-kimia begitu. Gak yang anti juga sih tapi lebih ke, kalau yang alami juga mantul, kenapa harus alopathy? Hehe. Kecuali kalau udah nggak mempan pakai yang alami, sekalipun udah dikasih macem-macem sampe udah coba pakai metode uap tapi tetep mampet, ya kudu ke dokter dan pake alopathy. 
Dari zaman Sam kecil, saya selalu duluin kasih bahan alami buat sakit apapun, termasuk batuk pilek. Ntah karena nggak dibiasain pakai alopathy atau gimana, Sam justru cocok dan lumayan ngaruh buat meringankan batuk pakai bahan-bahan alami yang ada di dapur. Tau-tau sembuh aja gitu kalau rutin tiap hari dikonsumsi.
Emang apa aja bahan dapur yang bisa dijadiin alternatif obat batpil si kecil? Here it is; 
 
1. Garam
 
Sebelum cobain bahan alami lain, bumbu dapur satu ini juga cocok dijadiin opsi pertama ketika anak batuk pilek. Garam dipercaya bisa membunuh bakteri, caranya cukup campurin garam ke dalam satu gelas air putih hangat, terus suruh anak kumur-kumur deh.
Tapi, cara ini cuma bisa dilakuin buat anak di atas 2 tahun. Atau, minimal ketika anak udah ngerti dan bisa kumur tanpa nelen airnya.
2. Jahe 
 
Udah jadi rahasia umum kalau jahe jadi bumbu aromatik pertama yang dibeli kalau anak batuk pilek. Jahe dipercaya bisa mengurangi intensitas batuk, sehingga anak bisa tidur lebih tenang dan nyenyak.
Cukup rebus beberapa irisan jahe dengan air. Karena anak saya kurang suka aroma sama rasanya jadi biasa saya tambahin sedikit gula merah atau palm.
3. Madu
 
Selain meningkatkan imunitas tubuh anak ketika sakit, madu bisa juga dijadikan pilihan sebagai obat batuk dan pilek. Cukup dengan menuangkan 1 sdm madu ke dalam 1 gelas air putih hangat.
Tapi, madu disarankan cuma untuk anak di atas 1 tahun.
4. Jeruk Nipis & Kecap
Ntah di daerah saya aja atau nggak, racikan jeruk nipis dicampur kecap ini jadi hal wajib ketika batuk pilek. Setiap ada orang yang batuk, yang denger pasti bilang "pake jeruk nipis sama kecap belum?", apalagi kalau yang denger orangtua.
Ngilangin rasa penasaran, saya tanya temen saya yang profesinya dokter, katanya kalau jeruk nipisnya memang salah satu bahan alami yang ampuh buat meredakan batuk karena ada kandungan antibakterialnya. Tapi kalau untuk kecap.... mungkin cuma buat nutupin rasa sepet asemnya. Wkwkwk, terjawab sudah kenapa mesti ditambahin kecap. Tapi muncul lagi pertanyaan; kenapa mesti kecap? Kenapa gak madu aja gitu?
5. Air Putih
 
Percayalah, meski nyoba bahan alami di atas tapi si anak kuraaang banget minum, tenggorokan akan jadi kering dan gatel. Mencukupi asupan air putih pada anak ketika batuk pilek is a must. 
 
Rutin memberikan anak minum air putih meski sekali minum cuma bisa seteguk, supaya tenggorokan anak lebih enakan.
Stay healthy everyone.
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
nurul hasana
Seorang ibu dari 2 jagoan yang memiliki segudang hobi. Sering nulis tentang parenting, pernikahan, review dan kadang bagiin resep masakan di rumahnya https://nurelice.blogspot.com 🤗
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram