fbpx

6 Tips Menjadi Seorang Blogger ala Pohon Ketela

30 September, 2021
Pernah kepikiran menjadi seorang blogger?

 

Menjadi seorang blogger juga mempunyai tips. Tips ini dirangkum oleh pohonketelamenulis.com dari hasil setahunnya menjadi seorang blogger. Berikut tips yang harus kamu perhatikan untuk menjadi seorang blogger:

1. Punya blog

Langkah pertama menjadi seorang blogger, tentu saja kamu harus mempunyai blog. Kamu bisa menggunakan platform apapun, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Semua tergantung kebutuhan si pengguna, mau bagaimana dan dibawa kemana untuk kedepannya blog tersebut. Mau lebih di kembangkan lagi atau hanya sekedar berbagi tulisan dan tulisan lomba saja?.
Jadi, jika kamu yang belum mempunyai blog, kamu bisa membuatnya. Banyak tutorial cara membuat blog gratis dari website dan juga youtube.
Ingat, jika kamu tertarik menjadi seorang blogger, kamu wajib mempunyai blog!

2. Mulai menulis

Tips yang kedua adalah mulai menulis. Iya, tujuan kamu membuat blog apa? singkirkan dulu hal lainnya seperti mendapatkan cuan dari ngeblog. Adanya blog yaa di gunakan untuk menulis. Jika kamu tidak memulai untuk menulis maka blog kamu dianggap tidak aktif oleh audiens.
Silakan tulis apa saja, yang bisa kamu sharing, yang sekiranya bermanfaat ketika orang lain membacanya. Jika bisa isi dari kontenmu adalah dimulai dari yang kamu sukai dan kamu pahami. Karena pada dasarnya, segala hobi dan hal  - hal yang kita sukai bisa dikembangkan melalui tulisan.
Jika kamu membutuhkan ide, kamu bisa melihat daftar lomba menulis yang tersedia di banyak media. Atau kamu bisa menuliskan topik berita yang sedang trending saat ini, hal ini juga dapat meningkatkan trafik pengunjung blog kamu.
Jika kamu ingin menjadi seorang blogger, dan sudah mempunyai blog. Silakan lakukan tips kedua ini, yaitu Menulis. Menulis lah tanpa pernah mengenal kata berhenti.

3. Buat Nama domain

Apakah nama domain penting? Penting atau tidaknya kembali ke diri kita sendiri. Karena dengan adanya domain banyak kelebihan yang kita dapatkan. Salah satunya adalah mudah di ingat, iya audiens akan sangat mudah mengingat nama blog kita. contohnya lombatulis.com
Nama domain biasanya memiliki 2-3 kata saja. tidak perlu panjang - panjang.

4. Pahami topik blog

Setiap blog pasti memiliki topik blog nya sendiri. Pengguna blog biasanya menyebutnya dengan kata Niche. Pentingnya niche atau topik blog ini adalah memudahkan para audiens untuk mengkonsumsi konten - konten yang sesuai dengan minat mereka.
Contohnya topik blog mu adalah review film. Maka isi dari blog kamu tidak jauh dari review film seperti review 10 film korea yang menarik perhatian publik.
Begitu pula jika topik di blog kamu membahas mengenai seputar dunia blog, maka isi dari blog kamu tidak jauh membahas dunia blogging seperti Cara membuat blog gratis. Begitulah seterusnya dalam menentukan niche blog kamu.
Untuk memilih topik blog, pilihlah sesuai minat kamu sehingga akan dapat memudahkan kamu untuk terus menghasilkan ide konten ketika blog kamu sudah berkembang.

5. Manajemen Waktu

Tips yang ke lima adalah manajemen waktu. ini sangat penting dilakukan oleh para blogger. Manajemen waktu yang dimaksud adalah mengatur waktu atau jadwal untuk ngepost konten - konten kita.
Atur jadwal ngepost konten kamu sesuai dengan waktu mu. Hal ini bisanya dilakukan sebagai kewajiban para blogger.
Ada yang mengatur satu hari dengan satu hingga dua konten, ada juga yang seminggu dua sampai tiga konten. ada pula yang sebulan maksimal 10 isi konten yang di post. Untuk jam ngepost, ada pula yang mengatur waktunya sedemikian rupa, seperti ngepost tepat pada pukul 7 pagi, jam 8 pagi, jam 1 siang, jam 8 sore, adapula yang tengah malam. Ada juga yang acaj - acakan kok jadwal ngepostnya.
Hal yang seperti itu biasanya sudah di manajemen waktu sendiri oleh si pemilik blogger.

6. Pelajari SEO

Jika kita sudah melakukan ke 5 (lima) tips di atas, maka tips terakhir yang harus kita lakukan adalah mempelajari SEO. SEO sebagai singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari (Google).
Masa kini, para blogger berlomba - lomba untuk menerapkan SEO di blog mereka masing - masing dengan menyediakan konten - konten berkualitas lainnya.
Kamu bisa mempelajari cara SEO dengan banyak - banyak membaca atau blogwalking ke blog lain yang menjelaskan mengenai SEO, atau kamu juga dapat mempelajarinya dengan melihat konten - konten di youtube, pilihan terakhir bergabunglah dengan komunitas - komunitas yang sering mengadakan event mengenai dunai perblogger-an, karena dunia blog tidak jauh membahas dunia SEO.
Jika bisa dipetik, kamu bisa mempelajari SEO dengan cara tulis lah konten - konten yang menarik.
Apakah sudah membaca sampai selesai mengenai seorang blogger di masa pandemi? Apakah kamu salah satunya yang tertarik menjadi seorang blogger? Mungkin bisa kamu pakai tips di atas. Terima kasih sudah membaca hingga akhir.
Baca Selengkapnya
Next Post:

Last Day Of Work

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Pohon Ketela
Haiii, Kunjungi website saya yukk hanya di www.pohonketelamenulis.com dan juga www.lombatulis.com
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram