fbpx

Doa Selesai Sholat Lengkap Latin Dan Arti

12 September, 2023

Doa selesai sholat – Sakinah Tim. Berdoa setelah sholat adalah salah satu waktu utama dalam berdoa. Namun dalam berdoa kita butuh ilmu tentang bagaimana seharusnya melakukan doa selesai sholat sesuai yang sudah diajarkan Rasulullah saw.

Buat kamu yang hingga saat ini belum memahami bagaimana doa selesai sholat, yuk belajar bersama. Tak ada kata terlambat untuk menjadi baik.

Tentang Doa

Doa adalah salah satu cara paling kuat untuk berkomunikasi dengan Allah. Doa merupakan ungkapan hati yang tulus dan merupakan bentuk ibadah yang penting dalam Islam.

Salah satu momen penting dalam sehari-hari seorang Muslim untuk berdoa adalah setelah menyelesaikan sholat. Doa setelah sholat memiliki keutamaan tersendiri dan mengandung banyak manfaat yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan spiritual seseorang.

Pentingnya Doa Selesai Sholat

Doa setelah sholat adalah peluang yang diberikan Allah kepada umat-Nya untuk berbicara kepada-Nya setelah melaksanakan kewajiban ibadah sholat.

Doa ini merupakan momen yang sangat berharga, di mana seorang Muslim dapat mengungkapkan rasa syukur, memohon petunjuk, atau meminta kebutuhan-kebutuhan tertentu. Berikut beberapa alasan mengapa doa setelah sholat begitu penting:

1. Ketaatan kepada Allah

Doa setelah sholat adalah tanda ketaatan kepada Allah. Ia mencerminkan kesadaran kita akan kewajiban kita sebagai hamba Allah yang tunduk pada-Nya. Melakukan doa setelah sholat adalah salah satu cara kita menunjukkan ketaatan dan rasa hormat kita kepada-Nya.

2. Momen Refleksi

Setelah melaksanakan sholat, kita seringkali merasa lebih dekat dengan Allah. Doa setelah sholat memberikan kita kesempatan untuk merenungkan tindakan kita dalam sholat dan meminta pengampunan atas segala kesalahan yang mungkin kita buat. Ini juga merupakan momen untuk merenungkan nikmat dan rahmat Allah yang kita terima sehari-hari.

3. Meminta Petunjuk

Kehidupan tidak selalu mudah, dan kita seringkali membutuhkan petunjuk Allah dalam menghadapi berbagai masalah dan keputusan. Doa setelah sholat adalah wadah di mana kita dapat meminta petunjuk, hikmah, dan kebijaksanaan Allah dalam menghadapi tantangan hidup.

4. Berterima Kasih

Doa setelah sholat juga adalah waktu yang tepat untuk bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Ketika kita berterima kasih, Allah dapat memberikan lebih banyak nikmat kepada kita sebagai bentuk rasa syukur-Nya atas rasa syukur kita.

Keutamaan dzikir dan Doa Selesai sholat

Abu Umamah Al Bahili radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفُ اللَّيْلِ الآخِرُ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ

 

 

“Ya Rasulullah, doa manakah yang didengar Allah?” Beliau menjawab, “(Doa pada) akhir malam dan setelah sholat maktubah (sholat wajib)” (HR. Tirmidzi; hasan)

Imam Nawawi rahimahullah mencantumkan hadits ini dalam kitab Al Adzkar pada bab Dzikir-Dzikir Setelah Sholat.

 

Dzikir dan Doa Selesai Sholat yang dilakukan Nabi

Berikut ini adalah sebagian dzikir dan doa setelah sholat yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang bisa kita dapati dalam hadits-hadits shahih.

Abduh Zulfidar Akaha dalam buku Panduan Praktis Doa & Dzikir Sehari-hari Menurut Al Qur’an dan Sunnah menjelaskan bahwa setelah salam, Rasulullah biasa membaca dzikir dan doa berikut ini:

1. Istighfar tiga kali

أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ , أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ , أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ

(Astaghfirulloh, Astaghfirulloh, Astaghfirulloh)

Baca Selengkapnya
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ana Khoiruroh
For Mom And Everything That Matters Youtube : @sakinahbersama www.sakinahbersamamu.com

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram