fbpx

Tradisi Ramadhan di Kampung Halaman

7 April, 2024

Menjelang ramadhan biasanya tiap daerah memiliki tradisi yang rutin dilakukan tiap memasuki bulan Ramadhan. Di daerah saya Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Bone atau bisa juga disebut Bumi Arung Palakka, juga memiliki tradisi tersendiri. 

Namun saya tidak begitu memahami tradisi tersebut, jadi saya hanya menuliskan beberapa hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat di kampung saya khususnya di bulan ramadhan. 

  • Bersih – bersih rumah

Kegiatan ini dilakukan mungkin agar ibadah bisa semakin tenang dan nyaman. Makanya rumah kudu dibersihkan kali ya. Hahaha kurang tau juga sih, tapi ini biasa dilakukan oleh orang di rumah. Saat menjelang ramadhan dan menjelang lebaran rumah dibersihkan dan dirapikan. 

  • Makan sahur pertama menu spesial

Yang ini mungkin biasa saja bagi yang sehari – hari  menyantap lauk istimewa. Tapi untuk yang tinggal di kampung biasanya kami ketika menyambut puasa pertama maka orang tua akan memasak masakan yang lebih enak dari biasanya. 

Kebanyakan orang di desa memelihara ayam. Selain untuk dijual mereka juga biasanya memotong ayam kampung di hari-hari istimewa, salah satunya saat makan sahur  hari pertama ramadhan. Selebihnya saat hari raya ataupun ketika ada acara – acara keluarga. 

  • Membawa buka puasa ke masjid secara bergiliran

Untuk tradisi ini masih lanjut sampai sekarang. Tiap harinya berkelompok membawa takjil untuk buka puasa ke masjid. Satu kelompok sekitar 4-5 orang. Dulu waktu saya masih kecil, takjil yang dibawa berupa kue-kue manis dan teh manis. Dan ini merupakan salah satu  momen yang ditunggu di bulan ramadhan bagi anak-anak waktu itu. 

Untuk sekarang, makanan yang dibawa makin komplit, selain kue – kue ditambah juga dengan makanan berat. Ada nasi beserta lauknya, soto, sop ayam dsb. Sesuai dengan kesepakatan masing-masing kelompok. Budgetnya sokongan dari masing-masing anggota kelompok. 

  • Mengadakan acara buka bersama bagi calon jamaah haji

Ini juga merupakan tradisi yang ada di kampung halaman saya. Biasanya calon jamaah haji yang akan berangkat haji di tahun tersebut mengadakan acara buka bersama di rumahnya, dengan mengundang masyarakat di desa tersebut. 

Acara dari masing-masing orang tentu saja tidak selalu sama. Mengikuti kemampuan finansial masing-masing pelaksana buka bersama. Ada yang biasa saja, namun ada juga yang tidak tanggung – tanggung mengeluarkan biaya untuk acara ini, sampai potong sapi. 

Sebelum acara buka bersama, biasanya keluarga dekat  terlebih dahulu bekerja sama,  membantu memasak makanan di rumah penyelenggara. Nanti di acara buka bersama baru mengundang masyarakat di desa tersebut secara umum. 

Demikian tradisi ramadhan di kampung halaman saya. 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hasnie Rania
Ibu dari 4 anak

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram