fbpx

AEIOU Framework

Apa itu AEIOU Framework?

AEIOU Framework adalah sebuah desain framework yang digunakan untuk memberikan struktur dari sebuah observasi. Biasanya digunakan dalam berbagai metode observasi atau riset etnografi. Seperti namanya, AEIOU adalah singkatan dari : Activities, Environtments, Interactions, Objects, Users.

A – Activities (Aktivitas)

Yaitu tahap-tahap yang orang lakukan untuk mencapai sebuah tujuan. Misalnya seseorang diberi tugas untuk membuat sebuah kue, bisa jadi dalam praktiknya cara seseorang dengan orang lain dalam membuat kue akan berbeda, perbedaan inilah yang kemudian diamati.

E – Environments (Lingkungan)

Adalah dimana aktivitas tersebut dilakukan. Termasuk penjabaran tentang atmosfer, shared spaces, dll.

I – Interaction (Interaksi)

Pertukaran nilai antar sesama manusia, atau antara manusia dengan suatu objek dalam satu lingkungan yang sama.

O – Objects

Elemen dalam lingkungan. Termasuk di dalamnya hal-hal yang dianggap kurang penting namun masih termasuk dalam lingkungan.

U – Users

Yaitu orang yang sifat dan sikap, preferensi, kebutuhan, peran, serta hubungan (relationship)-nya diobservasi. Ketika kita bertanya suatu hal kepada user, kita perlu memperhatikan seperti apa gestur tubuhnya (gelisah, percaya diri, terkesan menutup, dlsb), pilihan kata yang digunakan, kontradiksi antara ucapan dan gestur, atau ucapan yang sebelumnya user katakan. Selain itu, penting juga untuk bisa merasakan apa yang user rasakan, misalnya : emosi, bingung, bersemangat, dlsb.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Vriske Rusniko
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram