fbpx

Alternatif Kegiatan Menunggu Waktu Berbuka agar Tidak Membosankan

8 May, 2021

 

Berbuka puasa adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu, entah itu anak-anak, muda, atau tua. Namun, bagi anak-anak, menunggu waktu berbuka sangat diperhitungkan sekali. Mereka akan menunggu dan berkali-kali bertanya kapan buka puasa. Kadang pertanyaan itu terdengar membosankan.

Nah, agar saat menunggu berbuka puasa itu tidak membosankan, saya memiliki alternatif kegiatan untukmu. Pertama, jika kamu ingin keluar rumah sejenak, maka kamu bisa saja melakukannya ya asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan itu bisa berupa membagi takjil kepada teman atau tetangga terdekat denganmu.

Kedua, ambillah al quran lalu bacalah. Habiskan waktumu untuk tilawah Quran. Syukur-syukur kamu bisa membaca terjemahannya agar lebih mantap lagi.

Ketiga, ajak anak-anakmu membaca buku atau kamu membacakan cerita untuk mereka. Bacakan cerita yang ingin mereka dengar, bukan yang kamu mau bacakan. Jika mereka ingin mendengarnya, maka mereka akan lakukannya dengan sungguh sungguh.

Keempat, menonton film bersama keluarga. Pada dasarnya kedekatan antarkeluarga akan terjalin baik jika ada kebersamaan yang rutin. Nah, manfaatkan momen itu untuk menjaga kelekatan antara keluargamu ya.

Kelima, kamu bisa mengajak keluarga kecilmu, anakmu membersihkan rumah secara bersama-sama. Dengan begitu, mereka akan belajar untuk rajin membersihkan rumah.

Keenam, ajak anak-anakmu mewarnai atau melakukan kegiatan individual. Selain melatih keterampilan motorik, mereka akan tahu bagaimana cara memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

Ketujuh, mengajak anak menghidangkan makanan. Biarkan mereka mengatur hidangan itu ya.

Di atas adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga. Jika ada kegiatan lain yang bisa kamu lakukan, maka kamu bisa mempelajarinya. Andai memang cocok dilakukan bersama keluargamu, lakukanlah.

Perlu diingat bahwa saat menunggu waktu berbuka puasa, aktivitas yang kita lakukan usahakan tidak terlalu banyak mengeluarkan energi. Gunakan waktu yang ada untuk menambah keimanan kita dan kebersamaan dengan keluarga.

 

 

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Meliana Aryuni
Mari kita menulis! Tuangkan imajinasimu dalam tulisanmu. Berkunjunglah di https://melianaaryuni.wordpress.com
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram