fbpx

Apa yang harus dilakukan ketika anak merengek?

22 December, 2023

Pernah merasakan resah ketika anak bersikeras merengek tanpa mau mendengarkan perkataan kita? Rasanya banyak pikiran datang, kenapa anak ini rungsing? Bagaimana mengatasi anak yang merengek? Apa saya selama ini memanjakannya? Bagaimana kata orang melihatku tidak bisa mengendalikan anak? Apa perlu aku bujuk dengan mainan atau camilan? Dan sebagainya…

Emosi anak adalah Informasi Utama

Merengek, menangis, berteriak ketika ada sesuatu yang tidak berjalan kehendaknya merupakan ekspresi emosi yang timbul secara alami pada anak-anak. Semua perilaku itu cukup umum pada mereka. Anak-anak yang minim pengetahuan hidupnya, adalah makhluk yang bebas berekspresi. Tugas kita sebagai orang tua merawat, mendidik dan membimbing mereka.

Nah semenjak usia dini, kebanyakan anak menyadari bahwa merengek akan efektif untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Bagi kita orang dewasa tentu berpikir bahwa untuk menghentikan perilaku tersebut sesegera mungkin.
Namun, yang perlu diingat anak tidak sama dengan orang dewasa. Terkadang kita terburu-buru ingin anak lebih dewasa tapi kita tidak bisa mendengarkan emosi mereka.
Salah satu nasihat yang paling sering muncul ketika seminar atau workshop parenting apapun adalah menghargai perasaan anak (tentu dalam batasan perilaku dan umurnya ya!)

Baca Selengkapnya
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Topik Irawan

Mengelola emosi anak,seni lain parenting

Shafira Adlina
Mamah dengan dua anak, suka belajar dan menulis cerita seputar parenting dan mothering di blog ceritamamah.com

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram