fbpx

Apakah Beauty Blog Masih Relevan di Tahun 2021?

November 16, 2020

Beberapa judul artikel yang mempertanyakan keberadaan blog di zaman yang sudah dikuasai oleh para Youtuber ini banyak yang menggunakan kata “relevan”. Yaudah aku pake juga deh wkwk. Sebelum memutuskan untuk menggunakan kata relevan lebih lanjut, aku mau cari tau arti kata tersebut menurut KBBI. Ya biar pakem aja gitu.

relevan/re·le·van/ /rélevan/ a kait-mengait; bersangkut-paut; berguna secara langsung

Oke. Apakah blog masih berguna secara langsung? Maksudnya, apakah blog masih ada gunanya? Maksudnya lagi, apakah blog masih berguna di tahun ini, tahun depan, dan tahun-tahun berikutnya?

Masih.

Engga, ini aku ga lagi duduk depan bola kristal sambil bacain mantra kok, hahaha.

Satu dua bulan pertama bikin beauty blog ini, aku sering dapet pertanyaan seperti: “emang blog masih rame, ya? Emang masih ada yang baca blog, ya? Kenapa ga nge-Youtube aja, sih? Daripada cape-cape nulis ga ada yang baca mending nge-Youtube aja dapet duit”. Pertanyaan serupa juga sempat terlontar dari seorang audience pada sebuah Instagram live-nya @bloggerperempuan dalam memeringati Hari Blogger Nasional tanggal 27 Oktober lalu, “Apakah blog masih hot?”.

Jauh sebelum akhirnya aku membuat blog ini, aku udah googling tentang seberapa efektif kah blog itu sendiri di era yang udah serba audio visual. Sayangnya, jawaban yang aku cari ga sepenuhnya terjawab melalui artikel-artikel (berbahasa Indonesia) yang aku baca. Kebanyakan dari mereka hanya memaparkan dari segi keuntungan (uang) yang didapatkan dari blog. Yaa mungkin maksud dari “relevan” menurut khalayak adalah hubungannya dengan menghasilkan cuan dengan cepat. Kalo bisa lebih cepat dari dukun bertindak. Atau, kalo bisa baru bikin blog kosongan tiba-tiba udah dapet notif dari m-banking. Yha. Padahal, menurut aku pribadi, blog kan lebih dari sekadar uang. Bentar, kok jadi songong? Hehe gak yah. Ga berhenti sampai di situ, akhirnya aku buka Youtube buat nontonin beberapa video dari Youtuber luar negeri (Amerika) yang membahas seluk-beluk dan aktivitas mereka sebagai blogger. Dari sini aku bisa sedikit menarik gambaran kalau di luar sana tuh sebenernya blog masih hidup dan membara dibanding di sini yang suaranya riuh rendah. Lagian pertanyaan (atau perdebatan) tentang apakah ngeblog masih relevan atau engga itu kayanya bakal jadi never ending topic yang seharusnya ga perlu-perlu amat dipusingin. Simpelnya, kalo mau ngeblog ya ngeblog, kalo engga ya engga. Ja

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Radiani Umi Kulsum
a beauty enthusiast
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram