Bagaimana Agar Tetap Produktif Selama Puasa?

May 5, 2021

Pernah denger tag line "jangan jadikan puasa itu ajang males-malesan"?.

 

Pasti jawabannya PERNAH, hehe.

 

Bener banget sih buibu. Apalagi untuk sekelas ibu-ibu, tiada hari boleh disebut bermalas-malasan. Semalas-malasnya ibu, pasti minimal harus tetep masak untuk sikecil, atau minimal menemani sikecil bermain & mewarnai kan?.

 

Bagaimana agar tidak malas-malasan dan menjaga produktivitas selama puasa? Hmm..padahal aku sendiri juga sulit sih, haha. Tapi, beberapa yang biasanya aku lakuin sih gini ya buibu :

 

1. Tidur lebih awal

Karena harus bangun menyiapkan hidangan sahur, usahakan untuk tidur lebih awal. Syaratnya, selesaikan pula tugas-tugas rumah lebih awal. Aku biasanya akan mencuci piring ketika selesai shalat tarawih, jadi ketika bangun pagi, wastafel dalam keadaan kosong/bersih. Mood masak meningkat deh!. Kalau biasanya tidur diatas jam 12 malam (kadang bingung sih ngapain aja bisa sampe malem banget gitu 😅), majukan minimal 1 jam. Istirahat lebih awal, istirahat tubuh lebih cukup, otakpun istirahat dengan cukup.

 

2. Selesaikan pekerjaan rumah lebih pagi

Hari-hari biasanya, aku cuci baju sekitar jam 10. Setelah selesai masak. Tapi, karena puasa jadi nggak perlu masak, aku nyuci lebih pagi (jam 8) setelah suami berangkat kantor. Lanjut shalat dhuha, lalu mengaji sebentar. Baru nemenin Sensen main/mewarnai/belajar. Diselesaikan lebih pagi biar tenaga masih full, jadi nggak males, nggak bakal haus (Ehh).

 

3. Asupan makanan yang sesuai

Kebiasaan kita buka puasa dengan menu-menu yang "kurang sehat" sebaiknya dikurangi. Konsumsi gula secukupnya, perbanyak ngemil buah-buahan saja kalau nggak mau langsung santap makanan beratnya. Jangan terlalu kenyang karena bisa bikin ngantuk dan justru bikin males untuk ibadah. Jadi lebih enak goler-goleran dikasur sambil scroll hp bukannya tadharus kan bahaya buibu, hehe. Makan secukupnya saja, jangan lupa asupan air putih juga sangat penting ya.

Kalau aku biasanya ngikutin kebiasaan suami, dibuka dengan kurma, lalu air putih/air teh, baru takjilnya seperti bubur sumsum atau sejenisnya. Kadang pecel sama gorengan juga sih, cuma masih dalam batas normal, haha.

 

Sekian ya buibu, tips receh banget alla aku. Semoga bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa semuanya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Eni Winarti
Ibu agak muda, baru belajar fotografi dan berusaha kembali menggiatkan menulis. Yang ingin kenalan bisa kunjungi instagram aku ya @eniwinarti 🖤🖤🖤
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram