fbpx

Bagaimana Cara Memulai Journaling? Ini 5 Tips Mudah

2 September, 2021

Tips Journaling – Journaling adalah sebuah kegiatan menulis tentang apa yang sedang dipikirkan dan rasakan ke dalam sebuah buku secara rutin. Aku sudah memulai journaling ini sejak tahun 2018. Aku mulai journaling dengan menulis kenangan-kenangan yang indah dan buruk setiap harinya di sebuah kertas binder. Tak hanya itu saja, aku juga menulis goal-goal yang mau aku capai. Dan, beberapa dari whislist goal tadi mulai tercapai.

Apabila rutin dilakukan maka, semakin banyak manfaat journaling yang dapat dirasakan. Seperti, beberapa goal tercapai, daya ingat yang baik hingga menghilangkan strees. Karena journaling ini benar-benar memberikan efek positif, aku mau kamu juga mulai untuk journaling dan merubah masa depan yang lebih baik.

Kamu mau mulai journaling, tapi tidak tahu harus melakukan apa? Yuk, baca beberapa tips journaling dibawah ini.

 

Tips memulai journaling

1. Mulai menulis gratitude journal yang simple

Sebelum membuat yang kompleks seperti bullet journal, kamu harus memulai journaling dengan membuat gratitude journal. Gratitude journal adalah journal yang berisi tentang segala hal yang terjadi dan kamu mensyukuri hal tersebut.

Setiap harinya, kamu hanya perlu menulis dua sampai tiga hal kamu syukuri. Untuk permulaan, kamu bisa menulis hal-hal yang simple saja seperti “Hari ini aku makan makanan sehat. Aku bersyukur masih bisa bernapas dengan baik. Aku bersyukur mendapatkan sehat dan bisa berkumpul bersama keluarga”. Seiring berjalannya waktu, kamu pasti bisa mengembangkan tulisanmu.

 

2. Tulis apa yang ada dipikiranmu dengan cepat

Apabila kamu tiba-tiba terpikirkan oleh sesuatu yang ingin kamu mau tulis maka, cepat tulis semua yang ada di otakmu. Jangan menunda menunggu waktu yang tepat. Ketika kamu menunda menulis maka, semua ide tadi akan menghilang dan malah kebingungan saat waktunya menulis.

Baca juga: 7 Jenis Journal yang Wajib Dicoba Generasi Millenials

 

3. Tulis semua ide mu di kertas apapun yang ada disekitarmu

Tips memulai journaling selanjutnya adalah menulis di kertas apapun yang ada didekatmu. Ide atau keinginan untuk menulis pasti datang secara tiba-tiba. Maka, pergunakan waktu itu dengan sebaik mungkin. Tulis semua ide-mu di kertas yang ada disekitarmu. Terkadang, aku menulis di sticky note yang biasanya aku taruh di atas lemari. Aku juga sempat mengetik ide-ku ini di note Hp karena tidak ada bolpoin dan kertas disekitarku.

 

4. Temukan tempat dan waktu terbaik untuk menulis journal

Memulai hal baru memang berat. Untuk atasi hal ini, kamu perlu mencari tempat dan waktu yang tepat untuk journaling. Misal, di meja belajar pukul 8 malam. Aku sendiri menemukan waktu terbaik untuk menulis journal ketika malam hari sekitar pukul 20.00-21.00 di kamar sambil mendengarkan lagu-lagu yang nge-beat. Ketika semua pekerjaan selesai maka, aku bisa lebih fokus ke journaling.

 

5. Menyetel alarm untuk memulai kebiasaan journaling

Seperti yang diketahui banyak orang, journaling merupakan sebuah kegiatan yang rutin dilakukan. Untuk memulai sebuah kebiasaan baru, aku saranin kamu untuk menyetel alarm setiap hari untuk pukul tertentu. Aku sendiri menyetel alarm untuk jounaling setiap hari pukul 20.00. Kamu bisa menyetel alarm sesuai dengan yang kamu inginkan. Usahakan kamu bisa menulis setiap hari selama 15 hari tanpa jeda. Aku yakin kebiasaan baru ini akan terbentuk.

 

Itulah lima tips memulai journaling yang dapat kamu lakukan. Mungkin dari kamu semua yang sudah mencoba dan merasa tips yang aku berikan masih kurang, kamu bisa tulis tips itu di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca blog ini. Jangan lupa dibagikan ke semua temanmu, biar mereka juga bisa ikutan journaling

Baca juga: 8 Manfaat Journaling Untuk Kesehatan Mental dan Produktivitas

 

 

Sumber gambar:

  • Unsplash.com/photos/GVASc0_Aam0
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
KATELYA LArasati
Hi, Aku Katelya Larasati. Nama panggilanku Katy. Aku adalah seorang hotelier yang menyukai dunia journaling dan blogging (Katelyalarasati.com)
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram