fbpx

Berubah! Ini Perubahan Terbaru Penulisan Maha di EYD V

4 February, 2023

Bagi yang mengikuti perkembangan tata bahasa atau aturan penulisan bahasa Indonesia, mungkin tidak asing lagi dengan istilah PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Penamaan istilah PUEBI ini digunakan pada tahun 2015 yang menggantikan istilah EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) edisi ketiga. Namun yang menariknya, istilah penaamaan PUEBI kembali diganti menjadi EYD (edisi kelima) sejak 16 Agustus tahun 2022 silam.

Dari perubahan istilah ini, sebenarnya terjadi juga pembaruan-pembaruan aturan penulisan bahasa Indonesia. Kali ini, saya akan membahas aturan penulisan “maha” yang mengalami pembaruan pada EYD V.

 

Apa Itu Maha?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata maha merupakan bentuk terikat yang memiliki arti sangat; amat; teramat; besar. Misalnya, kita tidak asing dengan istilah mahasiswa dan mahaguruMahasiswa diartikan sebagai orang yang belajar di perguruan tinggi atau pendidikan tinggi.

Karena kata maha adalah bentuk terikat, penulisannya pun harus digabung dengan kata yang menyertainya. Oleh sebab itu, penulisannya menjadi mahasiswa, bukan maha siswa.

Nah loh, lalu bagaimana dengan penulisan  maha  yang berkaitan dengan Tuhan? Untuk hal ini, aturan penulisan bahasa Indonesia memberikan aturan-aturan khusus. Pada bagian ini pulalah yang menjadi salah satu pembeda antara aturan PUEBI dengan EYD V.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ikfi Nursyifa
Doyan nulis hikmah dalam diary, suka wangi buku dan isinya, serta seorang istri yang senang dan sedang belajar banyak hal.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram