Buku Sahabat Mahasiswa: Untuk Kamu yang Ingin Sekolah di Jepang

February 23, 2021
Betapa senangnya hati ini sewaktu pertama kali memegang dan membaca tulisan yang saya tulis! Akhirnya kesampaian juga! Buku antologi pertama saya!
Walaupun buku ini adalah buku antologi, bukan buku yang saya tulis sendiri dan saya terbitkan sendiri, tapi membaca tulisan sendiri dalam bentuk buku ternyata rasanya sangat menyenangkan. Padahal ini bukan publikasi pertama yang saya lakukan, tapi karena ini publikasi dalam bentuk buku yang pertama, saya merasa sangat senang. Inilah sebabnya saya sarankan semua orang untuk menulis!
Nah, kali ini saya akan membahas sedikit tentang isi buku ini dan alasan kenapa saya merekomendasikan buku ini untuk temen-temen yang ingin sekolah ke Jepang. Cekidot!

Tentang Akademik, Budaya, dan Beasiswa di Jepang

Kalo ada yang bercita-cita pingin sekolah di Jepang, atau hidup di Jepang, atau kerja di Jepang, apalagi pingin dapet beasiswanya, ngga ada pelajaran yang paling berharga ketimbang pengalaman real daripada teman-teman yang sudah merasakannya sendiri, dan menuliskan pengalamannya dalam buku ini.
Mulai dari mahasiswa pertukaran pelajar, short courseundergraduate (S1), sampai ke yang post-graduate (S2-S3), semuanya berbagi cerita di sini. Dari yang dapet beasiswa dalam negeri, luar negeri, sampe yang nekat belajar dan bekerja pun ada di sini. Banyak pelajaran yang bisa ditangkap dari setiap kisah di dalam buku ini. Bahkan ada juga yang menuturkan step by step, hingga tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa.
Pengalaman yang dituliskan dalam buku ini sangat bervariasi dan cukup menarik untuk disimak. Meskipun buku ini disusun oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) area Kanto (area Tokyo dan sekitarnya), tetapi para penulis datang dari berbagai area di Jepang, sehingga tulisannya terasa lebih menyeluruh, ngga melulu soal Tokyo dan sekitarnya. Sedikit demi sedikit pembaca bisa membayangkan kehidupan di Jepang secara garis besar.

Chapter rekomendasi

Clearly, I would recommend you to read my chapters LOL. Hahaha.
Tapi, diantara 23 chapter dalam 252 halaman yang ada, saya personally merekomendasikan 2 chapter: Mau tau?
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Indy Rinastiti
Kalau anda tertarik dengan Jepang dan sekelumit kehidupannya, termasuk kehidupan mahasiswa S3 dari Indonesia di Jepang, silahkan mampir ke blog saya. Mulai dari travel, sesi curcol, tips and trick, semuanya ada di disini.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram