fbpx

#Day13 7 Hal yang Paling Membuat Bahagia

Bahagia, menurut KBBI bahagia adalah suatu perasaan atau keadaan senang dan tentram baik jiwa maupun raga. Bahagia sendiri sebenarnya tidak bisa diukur dengan apapun, karena setiap orang pasti memiliki tingkat atau ukuran bahagianya sendiri.

 

Ukuran bahagia seseorang bisa saja didapatkan dengan cara materi maupun non materi. Karena kembali lagi pada konsep bahagia itu sendiri menurut masing-masing orang. 

 

Bahagia biasanya bisa dirasakan dari apa yang sudah dicapai atau dimiliki. Dan setiap orang pastinya ingin dan selalu berjuang untuk mendapatkan kebahagian itu sendiri. Termasuk saya dan kamu juga kan?hehe

 

Kalau menurut saya, bahagia itu tidak bisa bergantung sama orang lain, karena kalau udah bergantung sama orang lain, yang ada ketika kita berharap sama orang tersebut dan jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan jadinya malah kecewa ga sih?

 

Jadi, rasa bahagia itu diri sendiri yang bisa menentukannya. Dan kalau saya pribadi, untuk bahagia itu ga melulu soal materi kok, bahkan hal sederhana bahkan receh sekalipun bisa membuat saya bahagia.

 

Masih dengan challenge dari BPN di hari ke-13 dengan tema 7 Hal yang Paling Membuat Bahagia, berikut ini hal versi bahagia menurut saya.

 

Menerima Diri Sendiri

Sebagai seorang manusia yang pastinya memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Baik secara fisik maupun mental. Ketika kita tidak bisa menerima diri sendiri khususnya dengan kelemahan yang dimiliki, justru hal itu akan membuat stres ga sih?

 

Saya pernah ada di posisi dimana ada beberapa kekurangan yang kurang saya suka, dan jadinya mungkin tidak bisa menerima diri sendiri. Tapi semakin dewasa, saya pun belajar untuk menerima diri ini seutuhnya. 

 

Dan setelah akhirnya saya bisa berdamai dengan diri sendiri, menerima yang menjadi kekurangan saya. Alhamdulillah, saya merasa beban yang selama ini saya pikul pun perlahan lepas dan sudah tidak se-stres dulu. Jadi self love itu emang penting banget untuk bisa mencapai bahagia.

 

Positive Thinking 

Kalau selalu bersikap negative thinking cape ga sih? Bukannya bahagia tapi jadinya malah stres. Dan kalau selalu berpikiran negatif tentunya ga bagus untuk kesehatan mental. Dan mental yang terganggu itu biasanya akan lebih parah dibandingkan dengan fisik yang sakit.

 

Jadi, yuk bersikap positive thinking supaya hidup lebih tenang, tentram dan damai juga. Pastinya dengan bersikap positive thinking juga baik untuk kesehatan mental kita dan kita pun bisa merasakan bahagia.

 

Me Time

Siapa yang bahagia kalau bisa melakukan kegiatan ‘me time’? Yup, saya juga paling bahagia kalau udah bisa punya waktu ‘me time’. Lakukanlah kegiatan me time kamu kapan pun kamu membutuhkannya.

 

Untuk kegiatan me time sendiri bebas, sesuai dengan apa yang memang kamu biasanya lakukan saja saat waktunya me time. Melakukan kegiatan ini adalah salah satu cara self love tentunya. jadi , manfaatkan betul-betul waktu tersebut ya.

 

Berkumpul dengan Keluarga/Teman Terdekat

Berkumpul dengan keluarga atau teman terdekat pada masa-masa pandemi seperti sekarang ini tentunya sangat-sangat berarti dan bisa membuat bahagia. Tapi bukan berarti ketika pandemi tidak ada kalau berkumpul dengan keluarga atau teman terdekat tidak bahagia ya.

 

Tapi dengan adanya pandemi ini, saya semakin belajar lagi kalau waktu untuk bisa berkumpul dengan orang-orang terdekat itu sangat-sangat berharga. Dan pastinya sudah terasa sedih kalau udah masuk waktu lebaran seperti tahun lalu ketika dilarang untuk mudik.

 

Melihat senyuman di wajah orang-orang terdekat juga menjadi salah satu obat hati kalau menurut saya. Jadi, ketika kamu bisa berkumpul dengan orang-orang terdekat, manfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya dan sebisa mungkin jauhkan handphone untuk sementara ketika berkumpul bersama orang-orang terdekat ya.

 

Sehat Jasmani dan Rohani

Tak dipungkiri, memiliki tubuh dan mental yang sehat merupakan suatu kebahagian yang tak ternilai. Hal tersebut akan terasa mahal ketika jatuh sakit baik fisik maupun mental melanda.

 

Jadi, ayo jaga kesehatannya fisik dan juga mental kamu ya. Kalau untuk menjaga kesehatan fisik, kamu bisa melakukan olahraga secukupnya, istirahat yang teratur dan tentunya makan makanan yang sehat.

 

Sedangkan untuk menjaga mental kamu tetap sehat, kamu bisa melakukannya dengan cara ibadah, mendekatkan diri kepada Allah. Jauhi lingkungan toxic dan selalu berpikiran positif.

 

Menjadi Orang Bermanfaat

Ketika saya bisa menjadi orang bermanfaat untuk orang sekitar, itu bikin saya bahagia banget. Seperti dalam sebuah hadist yang mengatakan:

 

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruquthni).

 

Karena percayalah, ketika kita melakukan kebaikan untuk orang lain, ternyata kebaikan itu sedang dilakukan untuk diri kita sendiri lho. Begitu juga sebaliknya kalau kita melakukan kejahatan pada orang lain, berarti kita sedang melakukan kejahatan untuk diri kita sendiri.

 

Banyak cara untuk melakukan kebaikan agar bisa menjadi orang bermanfaat. Bisa dengan cara membantu keluarga/teman/tetangga yang sedang kesulitan. Bentuk bantuannya juga bisa beragam, bisa bantuan secara materi maupun non materi.

 

Makanya, saya selalu berharap tulisan-tulisan di blog saya ini bisa menjadi salah satu manfaat yang baik untuk teman-teman yang membacanya dan khususnya untuk saya pribadi.

 

Upgrade Ilmu

Dan yang terakhir yang menurut saya membuat saya bahagia adalah ketika saya bisa meng-upgrade ilmu saya. Baik ilmu agama dan ilmu lainnya yang ingin dipelajari. Karena menurut saya, masih banyak hal yang bisa dipelajari untuk bisa terus menjadi pribadi yang baik.

 

Tapi dari tujuh hal yang dipaparkan di atas yang tidak kalah penting agar kita bisa mencapai bahagia adalah dengan selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita dapatkan. Menerima dengan ikhlas baik kekurangan maupun kelebihan diri kita sendiri.

 

Karena kalau kita bisa ikhlas, dan selalu bersyukur dengan hal sekecil apapun, hal tersebut bisa memunculkan perasaan nyaman, tenang dan tentunya kita bisa bahagia.

 

Nah, itulah hal yang membuat paling bahagia versi saya. Kalau hal yang membuat kamu paling bahagia apa? Boleh di share ya di kolom komentar supaya kita bisa saling berbagi manfaat kebaikan. ^_^

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mutiara Dwi Cipta Kersana
Hai!👋😊 Nama saya Mutiara 😊 | Japanese & Korean Enthusiast | Freelancer | Blogger | Crafter | Silahkan berkunjung ke blog saya di https://mutiaradwick.com/ 💖
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram