fbpx

#Day14 Rencana 5 Tahun ke Depan

Tak terasa sekarang sudah memasuki puasa hari ke-14 dan tinggal  setengah bulan lagi kita menjalankan ibadah puasa. Masih pada semangat kan puasanya??

 

Alhamdulillah di hari ke-14 ini saya masih bisa konsisten juga ikutan challenge dari BPN. Seminggu sebelumnya saya sudah pernah menuliskan tentang target tahun 2021. Dan kali ini saya harus menuliskan kembali rencana untuk 5 tahun ke depan. 

 

Walaupun bikin cukup mikir, tapi gak apa-apa, mari kita coba tuliskan rencananya, supaya bisa mengukur sudah sejauh apa ikhtiar yang dilakukan. Bismillah, inilah beberapa rencana saya untuk 5 tahun ke depan.

 

Ibadah di Tanah Suci

Sebagai seorang muslim, tentunya bisa pergi beribadah ke tanah suci adalah suatu cita-cita paling tinggi. Setelah sebelumnya saya pernah menargetkan untuk bisa pergi umroh sebelum menikah, tapi ternyata Allah berkehendak lain.

 

Ternyata saya lebih dulu menikah dan yang pergi umroh adalah bunda saya saja setelah menikahkan saya. Saya tidak sedih karena tidak jadi pergi umroh saat itu malah sebaliknya, saya senang karena salah satu target saya bisa tercapai untuk memberangkatkan Bunda pergi umroh. 

 

Karena mungkin Allah ingin meminta saya untuk memperbaiki diri dulu sebelum akhirnya bisa menjadi tamu Allah di sana. Insyaallah, nanti saya dan suami saya pun bisa pergi beribadah ke sana di waktu yang tepat menurut Allah. Dan semoga bisa pergi bersamaan dengan keluarga kecil saya juga nanti. Aamiin ya rabbal alamin.

 

Pergi Ke Jepang & Korea

Selain pergi ke tanah suci, Jepang dan Korea adalah negara lainnya yang ingin saya kunjungi. Kenapa Jepang dan Korea?

 

Meskipun alasannya cukup klise tapi memang begitu adanya. Karena saya belajar bahasa Jepang tentu saja saya ingin langsung merasakan vibe Jepang langsung. Meskipun saya pernah bertemu dan memiliki teman orang Jepang ketika mereka ada di sini. Tapi saya yakin, pasti suasananya akan berbeda kalau saya bisa kesana langsung.

 

Kota Hokkaido, Jepang adalah kota yang paling ingin saya kunjungi. Alasannya simpel banget, karena saya ingin melihat salju haha. Tapi selain itu, memang Hokkaido adalah kota yang langsung menarik hati saya untuk pergi kesana, selain karena ingin melihat salju, tapi udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang indah juga.

 

Selanjutnya Korea, bukan karena saya suka nonton k-drama atau suka dengan k-pop, tapi karena saya pernah belajar taekwondo dan juga sekarang sedang belajar otodidak bahasa Korea. 

 

Disana juga saya punya beberapa teman orang Korea dan mereka selalu menanyakan kapan saya akan main kesana. Karena waktu mereka pernah bilang, “Nanti kalau Muti ke Korea, bakalan saya ajak jalan-jalan ke Jeju” dan teman yang lain bilang “Nanti Muti tinggal di rumah saya saja kalau ke Korea”. 

 

Mudah-mudahan ya bisa segera terlaksana untuk bermain ke sana dan bertemu dengan teman-teman disana.

 

Upgrade Ilmu dan Diri

Upgrade ilmu ini akan selalu masuk ke list rencana saya. Karena yang namanya ilmu itu ga akan pernah habis dan proses belajar itu akan terus berlanjut sampai kapan pun.

 

Untuk ilmu agama, ini saya memang harus terus belajar. Karena memang saya sadar, masih banyak yang belum saya pelajari. Sedangkan ilmu di luar agama, semoga saya bisa melanjutkan pendidikan S2 dan mudah-mudahan bisa sekolah di Jepang. Aamiin.

 

Dan demi menjadi pribadi yang lebih baik lagi setiap harinya, tentu ilmu agama harus terus ditingkatkan. Karena dalam agama pun sudah ada pedoman hidup yang bisa dijadikan pegangan. Makanya, upgrade ilmu agama ini penting banget banget banget.

 

Keuangan yang Stabil & Tabungan Masa Depan

Dalam agama, seorang istri tidaklah memiliki kewajiban untuk mencari nafkah karena itu menjadi kewajiban suami. Dan suami saya juga memang tidak pernah memaksa saya untuk bekerja.

 

Setelah resign dari pekerjaan, sekarang saya makin fokus untuk mengatur keuangan keluarga. Bukan karena sekarang pemasukan hanya dari suami, tapi memang dari dulu pun saya selalu berusaha untuk mengatur keuangan agar stabil.

 

Baik saya dan suami memiliki prinsip untuk tidak mencicil jika menginginkan sesuatu dan menghindari riba. Makanya, kami selalu merencanakan jauh-jauh hari jika menginginkan sesuatu supaya bisa menabung dulu.

 

Untuk tabungan masa depan, sekarang saya dan suami mencoba untuk setidaknya setiap tahun bisa menyisihkan uang untuk disimpan dalam bentuk logam mulia. Karena untuk saat ini logam mulia memiliki nilai yang stabil dibandingkan uang. 

 

Semoga bisa selalu konsisten, tidak mengapa walau jumlahnya kecil asalkan halal, barokah dan insyaallah selalu dicukupkan oleh Allah.

 

Punya Rumah dan Kendaraan Pribadi

Memiliki rumah sendiri adalah sebuah impian saya dan suami. Kami selalu berbicara mengenai desain rumah yang diinginkan termasuk perabotan yang nantinya akan ada di dalam rumah. 

 

Walaupun Alhamdulillah sekarang pun kami memiliki rumah yang cukup untuk kami berdua, tapi kami masih memiliki rumah impian untuk kami huni nanti di masa tua. Dan rumah yang sekarang kami tempati akan kami jadikan investasi untuk masa depan.

 

Alhamdulillah, sekarang pun sudah ada kendaraan pribadi namanya ‘si Jagur’ motor bebek yang sudah lama suami saya gunakan. Dan mudah-mudahan kendaraan pribadi lainnya yaitu mobil impian pun bisa kami miliki nantinya.

 

Media Digital sebagai Active Income

Sekarang dunia digital semakin gencar menjadi media yang dapat dijadikan sumber penghasilan. Maka dari itu, saya berharap blog pribadi saya ini bisa menjadi sumber utama pemasukan pribadi saya. 

 

Oleh karena itu, saya masih terus belajar untuk meningkatkan ilmu mengenai dunia blog. Dan masih terus berusaha untuk konsisten membuat konten disini. Selain di blog, saya juga mau mulai mencoba untuk mengaktifkan YouTube saya untuk dijadikan salah satu media untuk menghasilkan pemasukan lainnya.

 

Semoga dengan adanya catatan mengenai rencana-rencana ini, saya bisa mengukur sejauh apa usaha yang saya lakukan dan sebagai pengingat bahwa saya memiliki target untuk lima tahun ke depan.

 

Dan semoga, rencana-rencana saya ini dengan doa dan ikhtiar selalu diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah. Dan semoga semua rencananya bisa terwujudkan di waktu yang tepat menurut Allah. Aamiin.

 

Itulah rencana saya untuk lima tahun ke depan, bagaimana dengan rencana teman-teman untuk lima tahun ke depan nanti? Share di kolom komentar ya dan mari kita saling mendoakan untuk rencana-rencana terbaik kita ^_^

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mutiara Dwi Cipta Kersana
Hai! Nama saya Mutiara, biasa dipanggil Muti. Blog adalah salah satu media yang saya gunakan untuk membuat sebuah jurnal tentang berbagai pengalaman yang pernah saya alami dan menurut saya bisa bermanfaat untuk dibagikan. Temen-temen bisa mengunjungi blog saya di https://mutiaradwick.com/
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram