#Day15 Bahasa Asing dan Daerah yang Ingin Dikuasai

Alhamdulillah sudah memasuki pertengahan bulan puasa, semoga masih tetap semangat ya menjalankan puasanya. Dan alhamdulillah juga saya masih bisa konsisten mengikuti challenge dari BPN sampai akhirnya di hari ke-15 ini.

 

Di dunia ini terdapat banyak sekali bahasa sesuai dengan negaranya. Dan kalian juga pasti udah tau dong, ga cuma di dunia yang terdapat banyak bahasa. Di Indonesia sendiri banyak banget bahasa daerah, untuk beberapa daerah yang misalkan sama-sama daerah sunda aja masih ada yang beda beberapa istilahnya.

 

Allahu Akbar, makin kagum sama Allah SWT yang udah nyiptain dunia dan segala isinya ini. Oke, karena tema kali ini adalah tentang bahasa yang ingin dikuasai, berikut ini beberapa bahasa yang ingin saya kuasai.

 

Bahasa Jepang

Sebetulnya untuk bahasa Jepang saya sudah mempelajarinya selama empat tahun secara pendidikan formal dulu di kampus. Tapi semenjak resign saya sudah jarang sekali menggunakan bahasa Jepang, jadinya banyak kosakata yang lupa.

 

Yup, masalah dari bahasa adalah ketika jarang dipakai pasti lama-lama jadi lupa. Karena ga mau itu ampe terjadi, emang salah satu rencana saya tahun ini adalah untuk terus mengasah kemampuan bahasa Jepang saya.

 

Dengan harapan, nantinya saya pun bisa melanjutkan kembali sekolah S2 dan kalau bisa sih pengennya lanjut di Jepang langsung nanti. Aamiin.

 

Bahasa Korea

Masih tetanggaan sama Jepang, bahasa selanjutnya yang ingin saya pelajari adalah bahasa Korea. Semenjak SMA dan ikutan ekstrakulikuler taekwondo saya tertarik banget sama tulisan Korea yang bulat-bulat lucu itu hihi.

 

Dan selama ini saya belajar bahasa Korea secara otodidak, mulai dari sering nonton drama Korea, denger musik K-Pop dan Alhamdulillah sekarang punya temen orang Korea yang mau saya tanya-tanya masalah bahasa Korea.

 

Dan karena struktur bahasa Korea dan Jepang itu mirip, jadi sejauh ini ga terlalu sulit untuk mempelajarinya. Bahkan beberapa kosakata Korea dan Jepang itu ada yang sama lho.

 

Bahasa Arab

Sebagai seorang muslim, saya juga pengen banget belajar bahasa Arab supaya setiap beribadah itu semakin mendalami bacaan yang diucapkan. Ntah itu ketika shalat atau membaca Al-Qur'an.

 

Semoga rencana belajar bahasa Arab pun bisa segera terlaksana ya. Mari kita cari-cari info dulu deh tempat belajar bahasa Arab hehe.

 

Bahasa Jerman

Untuk bahasa Jerman sebetulnya saya sudah belajar dulu waktu SMA dari mulai kelas satu sampai kelas tiga SMA. Jadi sudah tiga tahun dulu belajar bahasa Jerman. Tapi balik lagi, karena udah ga pernah dipakai lagi jadinya lupa deh.

 

Padahal untuk bahasa Jerman, selama dulu belajar itu dari segi pelafalan gampang dan cara bacanya pun juga gampang. Jadinya sekarang pengen ngulang belajar bahasa Jerman lagi deh huhu.

 

Bahasa Sunda 

Jujur, walaupun saya adalah orang Sunda, tapi dari kecil itu saya selalu bicara pakai bahasa Indonesia. Kalaupun dulu ngobrol pakai bahasa Sunda, paling waktu ngobrol sama temen aja dan itu pun masih suka campuran.

 

Kadang suka canggung gitu kalau ada yang ngajak ngobrol pakai bahasa Sunda. Apalagi sekarang suami juga orang Sunda yang ada beberapa bahkan banyak kosakata yang baru saya denger ahaha.

 

Terus dulu tu suka dapet ledekan juga kalau ngomong pake bahasa Sunda, katanya logatnya tu aneh banget haha. tapi ya emang salah sendiri juga sih sebenernya, jarang pakai bahasa Sunda.

 

Tapi biasanya bahasa Sundanya suka keluar dengan sendirinya kalau lama-lama kepancing ngobrol, walaupun di lidah kaya yang kaku gitu huhu.

 

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa yang udah mendunia banget dan bahasa yang jadi wajib dikuasai gitu. Walaupun udah dari SD belajar bahasa Inggris, tapi ampe sekarang bahasa Inggris saya masih segitu-segitu aja.

 

Mungkin karena cenderung pasif juga sih pakai bahasa Inggrisnya. Jadi kaya cukup ngerti buat diri sendiri aja gitu. Dan kalau disuruh ngomong pasti udah kikuk duluan haha. Jadinya pengen bener-bener nguasain bahasa Inggris gitu, apalagi sama bahasa Inggris UK, kaya yang lucu gitu kalau dengernya hehe.

 

Permasalahan umum ketika belajar bahasa adalah saat jarang dipakai, otomatis jadi banyak lupa. Terus ngerasa malu/takut pas ngomong, makanya jadi kikuk dan jadinya takut salah ucap. Dan biasanya kalau salah ucap jadi takut diledekin gitu.

 

Padahal setelah belajar bahasa Jepang, orang Jepang tu gak mempermasalahkan ketika ada yang salah ucap. Mereka ngerti kalau misalkan lagi tahap belajar, apalagi kalau mereka tau level bahasa yang dikuasai. 

 

Gak cuma bahasa Jepang sih, kayanya orang asing lainnya pun akan memaklumi kalau tau lagi belajar dan bukan bahasa utama. Sama halnya juga dengan kalau ada orang asing yang belajar bahasa Indonesia, pasti kita maklumi kalau ada yang salah ucap kan.

 

Nah, paling untuk saat ini beberapa bahasa di atas yang ingin saya kuasai sekarang. Jadi inget temen-temen, kalau belajar bahasa jangan takut salah dan jangan lupa terus dipelajari dan dipakai supaya gak lupa. Pesan ini tu kaya buat ngingetin diri saya sendiri juga sebenernya.

 

Jadi, buat temen-temen yang lagi pengen menguasai bahasa asing lainnya yang semangat juga ya belajarnya. Nah, kalau kalian mau menguasai bahasa apa lagi nih? Share di kolom komentar ya. 

 

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mutiara Dwi Cipta Kersana
Hai! Saya Mutiara, bisa panggil saya Muti. Saya biasanya menulis tentang pengalaman pribadi, hobi dan beberapa cerita dari orang sekitar saya. Temen-temen bisa mengunjungi blog saya di https://mutiaradwick.com/
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram