fbpx

#Day16 Hobi Baru VS Hobi Lama

Hobi menurut KBBI adalah  kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Yup, hobi itu suatu kegiatan yang biasanya dilakukan ketika ada waktu senggang.

Setiap orang pasti punya hobinya masing-masing termasuk saya. Sebetulnya kalau ngomongin masalah hobi, mungkin hobi saya yang dulu dan sekarang itu ga terlalu jauh berbeda sih.

Hobi saya juga mungkin jadi sebuah hobi yang klasik. Dan pasti ada beberapa orang yang mempunyai hobi sama seperti saya. Biasanya saya melakukan salah satu dari beberapa hobi saya ini ketika saya membutuhkan hiburan atau sekedar untuk menenangkan pikiran.

 

Menulis

Menulis, sebuah kegiatan yang sudah dilakukan sejak kecil dari mulai latihan menulis sampai akhirnya bisa merangkai kata-kata dan terbentuk sebuah kalimat. Sedari kecil juga sebetulnya saya suka menulis sebuah diary dan terkadang dulu masih dilakukan sampai masuk kuliah, mungkin sekitar dua tahun pertama kuliah.

Setelah kuliah masuk tahun ketiga, ada mata kuliah tentang kerja praktek. Di tempat kerja praktek kebetulan saya ambil bagian menulis untuk konten di media sosial, dari sana saya mulai belajar membuat sebuah copywriting.

Lalu selepas lulus kuliah, Alhamdulillah langsung mendapatkan pekerjaan. Dan pada awal pekerjaan saya, masih ada beberapa yang berhubungan dengan menulis lagi. Yaitu kembali menulis untuk sebuah konten dan tidak jauh dengan copywriting kembali.

Pada waktu itu walaupun sudah mempunyai pekerjaan tetap, saya masih mencari pekerjaan lepas waktu untuk sekedar tambahan dan mengisi waktu luang juga. Dan pekerjaan freelance yang saya kerjakan pun kembali berhubungan dengan menulis.

Pekerjaan freelance itu masih saya lakukan bahkan sampai sekarang, dimana saya menulis sebuah konten untuk sebuah media digital bacaterus. Dan pada akhirnya menulis menjadi sebuah hobi yang saya lakukan terus sampai akhirnya saya membuat blog personal ini. 

Walaupun masih perlu banyak belajar untuk meningkatkan kemampuan menulis, Alhamdulillah sekarang menulis itu jadi salah satu hobi yang dibayar.

 

Membaca Buku

Sama halnya dengan menulis, membaca pasti sudah dilakukan mulai dari belajar membaca sampai akhirnya bisa membaca dengan lancar. Kalau masalah membaca, dari dulu saya suka sama baca komik, novel atau buku non fiksi lainnya.

Tapi jujur, kalau sekarang itu kebanyakan saya membacanya via digital. Dan saya rindu wangi buku baru yang menyenangkan itu. Ada yang sama ga sih sama saya yang suka nyium aroma buku baru?hihi. 

Walaupun pasti beda banget sih sensasi membaca buku langsung dengan membaca yang ada di digital. Kayaknya saya mau mulai menyisihkan uang lagi dan mulai membuat list buku yang mau saya beli hehe.

 

Mendengarkan Musik

Kayanya musik udah jadi hobi umum yang dikerjakan orang-orang deh. Untuk melepas penat, mendengarkan musik yang disukai itu emang bikin nenangin gak sih. Apalagi kalau saya pribadi, enaknya dengerin musik itu bisa sambil ngerjain kegiatan lain juga. Kalau kamu gimana?

 

Menonton

Menonton juga udah menjadi suatu kebiasaan dari kecil. Walaupun sekarang frekuensi menonton itu mulai berkurang sih. Dan kalau menonton kayaknya masih sama seperti dulu, hobinya nonton kartun, film action, film fantasy, dan animasi.

Paling semenjak SMA list nonton itu bertambah ke K-Drama dan J-Dorama. Lalu beberapa variety show Korea dan juga Jepang. Saya jarang banget nonton acara-acara Indonesia huhu.

 

Main Game

Karena dulu udah pernah dibeliin gameboy dan nintendo jadinya main game itu masuk ke salah satu hobi saya. Eh, btw ada yang pernah main atau nintendo juga ga? Kalau ada, mungkin umur kita ga terlalu jauh haha.

Setelah nintendo mulai main game pc karena nintendo nya rusak. Lalu mulai main Playstation deh. Bahkan sampai sekarang saya kadang masih main game playstation, game di PC dan di hp juga hehe.

 

Memasak

Dari kecil saya sudah terbiasa membantu bunda memasak. Walaupun waktu kecil paling bantu ngupasin bawang atau kerjaan yang cetek-cetek lah hihi. Sampai akhirnya memasak itu tanpa sadar jadi hobi saya.

Dan ketika makanan yang dibuat itu enak, apalagi orang yang dibuatkan suka dan makannya lahap itu ada kepuasan tersendiri gitu. Sampai dulu waktu kerja saya pernah iseng buka catering untuk temen-temen kantor dan kalau sekarang jualannya bikin kimchi hehe. Ada yang pesen kimchi homemade buatan saya? Lho kok jadi jualan hihi.

Walaupun sebenernya masakan saya ga yang ala-ala chef gitu, masih masakan ala rumahan aja sih. Tapi, kadang saya juga suka eksperimen masak dengan bumbu yang saya kira-kira nyambung haha. Dan yang jadi korban eksperimen masak saya sekarang ya suami saya hehe.

 

Crafting

Dari kecil juga saya udah seneng kalau ada tugas dari sekolah untuk membuat kerajinan tangan atau suatu prakarya. Sampai akhirnya sekarang jenis crafting yang sedang saya tekuni adalah di paper crafting.

Mulai dari origami, quilling dan pengen nyoba paper cutting juga sekarang. Kalau untuk origami dan quilling temen-temen bisa lihat beberapa hasil karya yang saya buat di sini atau di sidebar kanan/di bagian bawah blog kalau temen-temen baca ini di handphone. Selain menulis, crafting pun jadi salah satu hobi yang dibayar Alhamdulillah.

 

Menggambar

Waktu TK ternyata saya tu sering ikutan lomba menggambar atau mewarnai. Tapi selepas itu saya kurang mendalami menggambar. Sampai akhirnya saya membuat crafting khususnya quilling, mulailah saya belajar lagi menggambar karena kebutuhan untuk perpaduan dengan crafting.

Walaupun belum bagus-bagus banget, karena mendalami menggambar juga bener-bener otodidak deh. Susah sih, tapi ntah kenapa seru apalagi kalau hasilnya bagus. Dan sekarang ampe bela-belain beli beberapa alat untuk menggambar biar makin rajin latihannya hehe.

 

Jalan-jalan Sendirian

Mungkin hobi saya ini dimulai waktu SMA deh, dulu saya suka jalan-jalan sendiri main ke mall tapi langsung menuju Gramedia dan keliling-keliling liat buku disana bisa ampe berjam-jam ampe pulang telat haha.

Walaupun sekarang udah jarang ngelakuin hobi yang satu ini sih karena suami kadang protes kalau saya mulai jalan-jalan sendirian apalagi kalau ampe jalan kaki. Mungkin karena dia juga pengen ikut tapi dianya sibuk kerja hihi. 

Iya, saya kadang kalau mau jalan-jalan sendirian itu sering banget jalan kaki, seru aja gitu. Itung-itung sambil olahraga juga kan haha. Dan ga tau kenapa kalau waktu jalan-jalan sendirian itu ga ada beban gitu. 

Jadi, bener-bener nikmatin banget waktu sendirian. Walaupun mungkin ga beli apa-apa, cuma liat-liat aja udah seneng banget haha. Atau pergi makan sendirian juga pernah sih dan pengen nyoba buat nonton sendirian juga sebenernya tapi belum kesampean hehe. Adakah yang pernah jalan-jalan sendirian kaya saya? 

Mungkin itu sih beberapa hobi saya yang saya yakin banget banyak juga temen-temen yang hobinya mirip sama saya. Terutama temen-temen sesama blogger pastinya sama-sama suka nulis kan hehe. Kalau kamu hobinya apa? Cerita-cerita dong di kolom komentar ^_^

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mutiara Dwi Cipta Kersana
Hai! Nama saya Mutiara, biasa dipanggil Muti. Menulis adalah salah satu hobi saya. Berawal dari ingin berbagi pengalaman yang sekiranya dapat bermanfaat bagi orang banyak, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat blog pribadi. Temen-temen bisa mengunjungi blog saya di https://mutiaradwick.com/. Selain menulis, saya juga memiliki hobi membuat kerajinan tangan. Untuk saat ini saya sedang fokus dengan paper crafting. Tapi untuk seni dan kerajinan lainnya pun sering kali saya tertarik untuk mencoba membuatnya.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram