fbpx

Diet Defisit Kalori: Mengenal Istilah Defisit Kalori #1

27 November, 2022
Sebelumnya saya pernah menjalani diet defisit kalori di tahun 2020 yang lalu. Waktu itu dalam 6 bulan saya bisa menurunkan kurang lebih sebanyak 25 kg bobot tubuh. Diet defisit kalori adalah diet yang santuy sekali, tidak ada pantangan makan, diet tapi rasanya kagak diet, enak sekali dilakukan bagi orang yang ingin menurunkan berat badannya atau istilahnya dieters, wkwkwk istilah ngarang ini.
Dan hasil dari diet ini tuh bukan diet yoyo, sebulan turun bulan berikutnya naik drastis, bukan. Jadi selama kita mampu mempertahankan kalori seimbang yang dibutuhkan tubuh kita, Insyaa Allah tidak akan ada istilah berat badan akan naik bahkan 2 kali lipat dari sebelum diet.
Buktinya sebelum saya memulai diet defisit kalori 2 tahun yang lalu, berat badan saya mencapai 80 kg setelah defisit selama kurang lebih 6 bulanan, berat badan saya turun ke angka 52 kg. Lalu setelah itu beralih ke diet maintenance kalori (mempertahankan berat badan) tetapi karena komitmen tidak penuh jadi yah lebih seringnya malah kelebihan kalori.
Lalu ditahun ini karena saya mengkonsumsi pil hormon jadi sepertinya hal itu mempengaruhi berat badan saya, akhirnya berat badan saya kembali di angka 60 kg. Tetapi memang selama beberapa bulan ini saya hampir tidak pernah melakukan olahraga, bahkan olahraga ringan sekalipun. Beberapa bulan ini saya dilanda kemageran olahraga berkepanjangan.
Diet Mulai Senin
Ungkapan klise bagi pelaku diet di seluruh dunia “Senin besok saya akan diet” wkwkwk
Tapi ini yang akan saya lakukan mulai besok, janji deh. Yuk kita mulai kembali defisit kelorinya dengan mengumpulkan niat yang full dan konsisten yang utuh. Biar wacana diet tidak sekedar wacana tetapi terlihat hasilnya dengan nyata.
Lalu bagaimana caranya untuk memulai diet?
Tanamkan niat terlebih dahulu, kalau niatnya besar Insyaa Allah konsisten yang penuh juga akan mengikuti. Lalu ketika kita sudah berjanji untuk konsisten sepenuhnya yuk kita mulai diet defisit kalorinya. Tetapi sebelum memulai diet defisit kalori, alangkah baiknya kalau kita mengenali terlebih dahulu apa itu diet defisit kalori.
Kenali apa itu diet defisit kalori
 
Diet itu bukan pembatasan makanan, jadi diet itu bukan hanya makan sesedikit mungkin, diet bukan me-lapar-laparkan diri, bukan. Tetapi diet merupakan pengaturan pola makan dengan tujuan tertentu. Jadi diet itu ada banyak tujuannya, bukan hanya untuk menurunkan berat badan. Bagi yang ingin menaikkan berat badan itu juga dinamakan diet, orang yang punya penyakit tertentu dan punya pola makan yang diatur, itu juga dinamakan diet.
Istilah diet tidak sesempit hanya untuk menurunkan berat badan. Sedangkan diet defisit kalori sendiri adalah pengaturan pola makan dengan tujuan pengurangan jumlah kalori di menu makanan keseharian kita.
Kalori sendiri adalah unit terkecil dari energi yang diperoleh dari konsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Setiap makhluk hidup mempunyai jumlah kebutuhan kalori yang harus dipenuhi oleh tubuh untuk dapat menjalankan fungsi tubuh yang maksimal. Kebutuhan kalori inilah yang dinamakan dengan kebutuhan energi harian.
Kebutuhan energi harian atau biasa disebut dengan istilah TDEE (Total Daily Energi Expenditur) merupakan jumlah keseluruhan kalori yang dibakar oleh tubuh selama 24 jam. Kebutuhan energi ini dibagi lagi menjadi tiga jenis berdasarkan tujuan energinya:
  1. BMR (Basal Metabolic Rate) adalah energi paling minimal yang dibutuhkan tubuh agar dapat menjalankan fungsi normal seluruh sistem organ dalam tubuh
  2. TEF (Thermic Effect of Food) adalah energi yang digunakan tubuh untuk dapat mencerna makanan dan minuman yang kita konsumsi
  3. Aktifitas fisik adalah energi yang digunakan untuk melakukan semua aktifitas fisik harian kita.
Untuk dapat memulai diet defisit kalori kita harus mengetahui terlebih dahulu TDEE yang dibutuhkan tubuh kita, untuk mengetahui TDEE, kita dapat mengeceknya menggunakan kalkulator TDEE di https://tdeecalculator.net/
Mengecek TDEE tubuh
Tampilannya akan seperti gambar diatas, sisa masukkan data yang diminta oleh aplikasi
  1. Pilih jenis kelamin, male (lelaki) dan femele (wanita)
  2. Masukkan age (umur)
  3. Masukkan wight (berat badan) dalam satuan kg
  4. Masukkan height (tinggi badan) dalam satuan cm
  5. Bagian activity (aktivitas harian) saya sarankan masukkan saja sendentery agar hasil yang keluar hasil yang minimalnya
  6. Bagian body fat bisa diskip
  7. Terakhir klik “Calculate”
Hasilnya akan muncul seperti gambar dibawah ini:
TDEE Kalkulator Over weight
Perhatikan bagian yang saya tandai dalam garis berwarna merah, itu adalah jumlah kalori harian yang dibutuhkan tubuh kita butuhkan sesuai dengan jenis aktivitas yang kita lakukan sehari-hari.
Perhatikan kembali ke bagian yang saya tandai hijau, di bagian paling atas bisa dibaca bahwa itu adalah BMR (Basal Metabolic Rate) tubuh kita atau energi minimal yang dibutuhkan tubuh kita agar bisa menjalankan fungsi tubuh dengan baik, sedangkan bagian dibawahnya adalah sedentery yaitu energi yang dibutuhkan tubuh kita kalau kita hanya melakukan aktifitas fisik yang santai, hanya kerja kantoran misalnya yang kebanyakan duduk.
Lalu apa hubungan diet menurunkan berat badan dengan angka-angka diatas?
 
Jadi tugas kita sekarang adalah ke website tdee kalkulator yang saya bagi di atas, lalu masukkan data diri kita dan catat baik-baik BMR dan Sedentary tubuh kita. Angka-angkanya mau di apakan? Insyaa Allah akan saya bahas nanti. Karena pembahasannya masih agak panjang, jadi Insyaa Allah saya lanjut di bagian ke dua yah #2.
Baca Selengkapnya
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Fitrah Alimuddin
Seorang Istri dan Ibu yang akan senantiasa belajar

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram