Food Waste Bukan Sekadar Isu Lingkungan

May 13, 2020

Saat masih belasan tahun, saya pernah bekerja sebagai pelayan di sebuah kafe dekat kampus. Momen inilah yang membuat saya sadar betapa banyaknya orang yang datang dan pergi ke kafe; bukan untuk memesan dan menghabiskan makanan, melainkan untuk memesan dan menyisakan makanan mereka.

Yang ada di pikiran saya saat itu adalah bukan tentang bagaimana orang [yang merasa] kaya tidak sayang membuang-buang uang mereka, melainkan kenapa banyak orang yang tidak bisa menghargai dan mensyukuri apa yang sudah mereka dapatkan.

Saat itu, saya berpikir kalau mereka bukan hanya tidak mensyukuri pemberian Tuhan, tetapi juga tidak menghargai apa yang sudah diberikan oleh para koki, barista, dan pelayan di kafe kami. Bagi saya, sisa makanan (food waste) bukan sekadar isu lingkungan, melainkan juga isu ke

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perempuan Sufi
Berbagai macam pekerjaan pernah dijalani, berbagai aroma kehidupan pernah dihirup, berbagai rasa pernah dicecap. Pada akhirnya, menulis sambil menikmati kopi dan fermentasi gandum menjadi jalan terakhir bagi manusia ini agar tetap waras dan humanis.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram