HOW POETRY BRING ME HAPPINESS : Aku, Buku, dan Perjalanan Beradaptasiku

June 17, 2021

Sabtu sore yang cerah itu dia pergi dengan damai. Menerbitkan satu lagi buku bertema rindu yang akan menemani hari-hariku. Dia pergi dengan tersenyum, menyisakan banyak pelajaran yang baru sedikit bisa kupahami. Ada kesabaran panjang yang ia ajarkan, kesabaran yang masih kulatih selama beradaptasi dengan keadaan saat ini. Bentangan benang kerinduan untuknya kujalin dengan bentangan benang panjang kerinduanku pada Ibu.

“Adek temani Ayah dulu ya, lanjut sekolahnya nanti dulu.”

Ada rasa kurang menerima yang aku rasakan saat keinginan terbesarku ditahan oleh sosok paling kusayang. Namun, lambat laun semua bisa kuterima dan kujalani, karena kata sabar selalu ia tanamkan padaku.

Aku tidak tahu kapan hujan benar-benar akan berlalu, dan kapan akan mampir lagi. Yang aku tahu, hujan akan menyisakan tempias, basah yang terasa menyesakkan. Pengalaman menghadirkan emosi yang tidak bisa selalu kukendali, dan emosi itu lama-kelamaan hanya akan menenggelamkan, meninggalkanku pada jerat masa lalu, padahal aku sendiri sadar kalau waktu tidak kenal menunggu.

Mungkin akan panjang, tetapi aku akan berusaha untuk bisa beradaptasi dengan hari-hari yang akan kulalui. Beradaptasi seperti kebanyakan yang harus dilakukan orang saat ini. Proses adaptasi bukanlah proses instan. Saat semua terasa lambat dan aku lupa untuk bersyukur atas semua kehidupan yang telah Tuhan kasih, ada banyak pengingat yang datang, salah satunya melalui buku-buku yang aku baca. Dan aku bersyukur, kecintaan akan ilmu dan buku yang diberikan oleh kedua orang tua dan saudara-saudaraku tidak membuatku menjadi mayat hidup di tengah kegelisahan dunia dalam menghadapi pandemi saat ini.

Perjalanan beradaptasiku bersama buku bisa dibaca lebih lanjut melalui link berikut: Aku, Buku, dan Perjalanan Adaptasiku

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Amalia

Puisi memang menyenangkan. Walau kadang sulit untuk dipahami maknanya karena tidak sedeskriptif prosa.

Aeza
Hi, my name is Aeza, welcome to my simple space. I am a part time writer and full-time introvert.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram