fbpx

Irrational Beliefs: Sebab Stres Manusia Masa Kini

14 August, 2022
 Lagi pengen membahas perihal salah satu bab saat kuliah. Hal yang juga sering aku temui, baik dari beberapa teman yang curhat, atau saat masih jaman kuliah, sempat menjabat sebagai mentor kegiatan diluar kampus dan jadi "tempat curhat". Dari mereka atau bahkan secara tidak sadar kita sendiri pernah gak sih merasa "aku harus bla bla bla.". Keharusan-keharusan yang kadang juga ada saja yang menjerumus ke 'terlalu berlebihan'. Sadar atau tidak keharusan yang keterlaluan itulah yang membuat individu jadi stres.
    Dalam psikologi ada konsep yang namanya Irrational Beliefs, yaitu bagaimana keyakinan seseorang yang tidak rasional menjadi sumber kecemasan. Waaahh, pernah apa sering ya kita merasa demikian tapi tidak tahu kalau ternyata "perasaan" itu punya nama dan perasaan yang seperti itu ternyata membawa pengaruh buruk ke diri sendiri. Merasa kurang karena persepsi "harus" menjadi sumber stressor yang membuat individu merasa cemas berkepanjangan setiap hari. Pikiran-pikiran yang kira ciptakan sendiri, dan berujung kepada keyakinan-keyakinan yang berlebihan pada suatu hal. Pemikiran yang demikian jika dibiarkan saja lama kelamaan juga akan menjadi hal yang tidak baik untuk diri sendiri.
Baca Selengkapnya
Previous Post:

Turning 29

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Claudia
Sharing, Caring, Sweet Things | claudiaaha.blogspot.com
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram