fbpx

Jangan Dipaksa, 5 Tips Melatih Anak Berpuasa

1 April, 2023

Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat Islam. Salah satu syarat diwajibkannya seseorang berpuasa adalah baligh, sedangkan anak-anak belum diwajibkan untuk melaksanakan puasa. Namun meski saat ini belum diwajibkan untuk berpuasa, tidak ada salahnya orangtua melatih anak-anak sejak dini.

Mengajarkan anak berpuasa bukan hal yang mudah. Anak-anak  memiliki semangat yang tinggi, namun dalam perjalanannya sangat sulit bagi mereka untuk konsisten melaksanakannya selama satu hari penuh. Untuk itulah perlu adanya latihan secara perlahan dan bertahap sehingga pada saat baligh  mereka sudah siap untuk melaksanakannya.
Nah berikut ini 5 tips yang bisa dilakukan untuk melatih anak berpuasa.

1. Mulai Mengenalkan Puasa Kepada Anak

Jadikan bulan bulan puasa ini sebagai momen untuk mengenalkan Puasa kepada anak. Bunda bisa mulai memberi tahu anak bahwa hari ini ayah dan bunda sedang berpuasa, tidak makan dan minum sampai waktu berbuka. Anak-anak cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga rasa penasaran akan membuatnya bertanya, nah disitulah momen mengenalkan puasa, bunda bisa menjelaskan apa itu puasa dan bagaimana cara melakukannya, Bunda bisa menjawab rasa penasaran anak dengan bahasa sederhana supaya mereka mudah memahaminya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rizky Annisa
Nama saya Rizky Annisa, biasa dipanggil anis, saya adalah ibu dari dua jagoan kecil bernama Akbar dan Zehan.

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

Privacy Policy
calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram