fbpx

KENAPA AKU BUTUH ILMU?

3 August, 2022

oleh: Nurul Rabiatul Adawiyah

Saat lagi asik masak tiba-tiba aku berpikir, terkadang dalam dunia perdapuran saja aku butuh Ilmu, aku perlu belajar agar aku bisa masak. Memahami tekhniknya, memahami bagaimana cita rasa dalam masakan.

Lantas bagaimana dengan kehidupan ini sob? Tentunya pasti butuh ilmu, perlu belajar, supaya kita punya planning hidup, punya arah dan tujuan hidup. Lebih-lebihnya tentang tujuan kita diciptakan di dunia ini untuk apa?!!

Ketika kita ingin menjadi seorang dokter kita butuh ilmu, ketika ingin menjadi seorang guru kita butuh ilmu bahkan ketika menjadi seorang ibu rumah tanggapun pun kita juga butuh ilmu. Untuk itulah perkara menuntut ilmu itu wajib banget untuk kita lakukan supaya kita nggak jadi manusia bodoh. Tapi, ini baru persoalan ilmu duniawi yah sob. Ada kewajiban yang paling wajib banget untuk kita pelajari, untuk kita cari tahu. Apa itu? Yakni Ilmu Islam sob.😁😁

Rasulullah saw pernah bersabda
" menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim"

Nah,Lho. Ini seruan dari rasulullah saw untuk umatnya agar menuntut ilmu. Yakni ilmu syar'i (islam) bahkan rasulullah mengatakan 'wajib' dalam artian harus bener-bener kita lakukan. Tapi kak kenapa kok harus Islam? Karena kita sebagai kaum muslim wajib banget kita memahami tentang agama ini. Tentang perkara-perkara yang Allah perintahkan dan tentang perkara-perkara apa saja yang Allah larang. Jadi untuk bisa memahami keduanya kita butuh ilmu, yakni ilmu islam.

Sob, menuntut ilmu syar'i itu bukan hanya untuk orang-orang yang memiliki akademik tinggi, harus ustadzah dulu, harus pintar, harus bebas dari dosa,belajar ilmu syar'i itu nggak harus yang cantik, nggak harus bersih. Tapi selama kita adalah seorang muslim maka kewajiban menuntut ilmu itu jatuh pada kita.

Tentang menuntu ilmu duniawi itu boleh sob tapi jangan sampe waktu yang Allah kasih 24 jam sehari dan dalam sepekan ada 7 hari, waktu itu sama sekali tidak kita gunakan untuk menuntut ilmu islam. Ketika kita tidak memiliki ilmu islam maka akan melahirkan banyak masalah. Kalau sudah bermasalah di dunia maka konsekuensinya nanti di akhirat.

Contoh banyaknya generasi sekarang yang pacaran, tidak menutup aurat, campur baur, tidak malu menampakan kemaksiatan, pergaulan yang tidak ada batasnya. Nah masalah-masalah yang seperti ini muncul akibat kita tidak memiliki ilmu islam, tidak paham tentang tujuan hidup. Untuk itulah perlunya kita mempelajari ilmu islam agar kita memiliki pola pikir dan pola sikap yang islami sehingg kita tidak terjerumus kepada kemaksiatan

Gimana sob,Udah paham belum? ayo mulai sekarang kita ngaji yakni belajar islam. Jangan lagi di tunda-tunda yah langsung action sekarang.

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nurul Rabiatul Adawiyah
blog yang berisi review buku dan vidio, tujuannya hanya untuk dakwah, ngesharing ilmu islam dan motivasi. apapun yang ingin saya tulis akan saya bagikan diblog ini, dan insyaaAllah setiap tulisan baru linknya akan saya bagi untuk temen-temen semua. blog menjadi salah satu media saya untuk bersuara dan berbagi. terimakasih
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram