fbpx

Kesuburan, Haruskah Salah Wanita?, by @vickylaurentina

1 August, 2021

Kesuburan awalnya diartikan sebagai kemudahan seorang perempuan dalam menghaslkan anak. Namun dalam perkembangannya, ditemukan oleh dunia medis, bahwa kesuburan bukan cuma ditentukan oleh perempuan, namun juga ditentukan oleh laki-laki yang membuahi perempuan tersebut.

 

Ketika pada tahun 1800-an para ahli peternakan berhasil melakukan teknik penyuburan alat reproduksi pada sekelompok hewan ternak untuk kepentingan industri, maka mulai dipertimbangkan upaya untuk memberi bantuan kesuburan kepada manusia. Saat itu, sasaran masyarakat yang hendak dibantu adalah orang-orang yang baru sembuh dari kanker, tetapi terapi kanker mereka ternyata telah menyulitkan kemampuan mereka untuk memperoleh anak.

 

Seiring dengan berjalannya waktu, terungkap bahwa banyak hal yang ternyata dapat mengganggu kesuburan seseorang. Beberapa penyebab yang sering dianggap sebagai penyulit kesuburan adalah riwayat pengobatan dengan obat-obatan tertentu, terkena radiasi tertentu di tempat kerja, sampai riwayat penyakit infeksi ketika masih kecil.

 

Saat ini banyak kelainan pada alat reproduksi suami maupun istri yang dapat menyulitkan kesuburan pada pasangan tersebut. Silakan membaca artikel penyebab mandul untuk mengetahui penyulit kesuburan ini.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Vicky Laurentina
Vicky Laurentina adalah food blogger Surabaya yang sangat suka jalan-jalan dan juga kebetulan seorang dokter. Tulisan Vicky bisa dibaca di https://vickyfahmi.com.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram