Learning by Doing

April 14, 2021

Semua hal dalam hidup selalu diawali dengan langkah pertama. Belajar Blogging adalah satu hal yang kulakukan untuk mengawali langkahku. Menurutku ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.dengan mempelajari bagaimana caranya menjadi seorang blogger. Saat duduk di bangku SMP aku mulai dikenalkan dengan blog oleh guruku, tapi saat itu belum ada ketertarikan untuk menekuninya. Kemudian beberapa waktu lalu saat aku bergabung dengan salah satu organisasi di kampus, aku mendapatkan kepercayaan untuk membuat dan mengelola blog yang diperuntukkan untuk mendokumentasikan setiap hal yang berkaitan dengan organisasi tersebut. Dari tanggung jawab itu aku merasa tertantang untuk mempelajarinya. Selain kegiatan belajar mengajar, di kampus juga banyak sekali diadakan workshop/pelatihan, dan salah satunya Workshop Pembuatan dan Pengelolaan Blog untuk mahasiswa. Darisana aku belajar dan juga mulai memiliki keterkaitan untuk membuat blog. Selama satu semester aku mengelola blog organisasi dan blog pribadiku sendiri. Blog pribadiku berisikan kumpulan puisi yang kumiliki. Beberapa hal yang membuatku ingin belajar menjadi Blogger:

1. Melihat Perkembangan Diri Sendiri

Bagiku yang terpenting dalam mempelajari suatu hal adalah menikmati prosesnya, dan menulis di blog sendiri merupakan sebuah proses yang luar biasa. Dimana dari tulisan-tulisan yang kita publish kita bisa tahu seberapa besar perkembangan diri kita. Bagaimana cara kita menuangkan perasaan, dan pemikiran akan terlihat dari tulisan-tulisan yang kita buat dari waktu ke waktu. Dari sini kita bisa melihat perkembangan wawasan dan pengetahuan yang kita miliki dengan melihat perkembangan tulisan kita sendiri. Menurutku menulis di blog juga akan bermanfaat sekali, terutama saat nanti dimasa yang akan datang aku mengalami masa sulit dan memutuskan untuk menyerah dengan mimpiku menjadi penulis. Aku akan ingat bahwa aku sudah memulai langkah awal, dan seharusnya apa yang sudah ku mulai, harus ku selesaikan.

2. Jejak Digital & Peluang

Membuat blog menjadi Jejak Digital yang membuktikan bahwa kita memiliki karya. Dengan menciptakan suatu karya kita akan memiliki kesempatan yang lebih besar dibandingkan yang lainnya. Mengingat persaingan di dunia kerja saat ini sangat ketat. Saat ini blog juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Apabila kita belajar dan menekuninya, tidak menutup kemungkinan kita bisa menjalani profesi blogger untuk menjemput rupiah.

3. Mengasah Kreativitas & Critical Thinking

Dengan memiliki blog kita akan membangun kebiasaan untuk berfikir kreatif. Tentunya apabila kita serius ingin menekuni dunia Blogging, kita akan memikirkan topik-topik apa yang akan kita bicarakan dalam blog kita setiap harinya, agar blog yang kita miliki lebih menarik. Kita juga akan mengasah kemampuan berpikir kritis kita dengan memperhatikan hal-hal apa yang sedang viral dan banyak dibicarakan untuk kita jadikan tulisan dan di publish di blog yang kita miliki

4. Tempat Curhat dan Berkreasi

Blog menjadi tempatku berkeluh-kesah dan berkreasi. Blog pribadi bisa menjadi tempat kita mencurahkan perasaan kita. Mungkin jika teman-teman punya masalah dan ingin curhat tapi tidak tahu pada siapa dan dimana. Membuat tulisan di blog bisa menjadi solusinya. Aku sendiri melakukan itu dengan membuat blog pribadi yang isinya kumpulan puisi yang kumiliki di dyatisumpenowati.blogspot.com

5. Melatih Skill Menulis

Karena salah satu mimpiku adalah terjun ke dalam dunia tulis menulis, maka sangat penting untuk mengasah skill menulis yang kumiliki. Maka dari itu aku mencoba untuk menantang diriku sendiri untuk membuat sebuah karya dan terus belajar menulis. Dan melakukan aktivitas blogging menjadi salah satu cara terbaik yang bisa kulakukan.
Belajar dengan melakukannya akan lebih mudah dipahami dan dimengerti. Kita juga akan dengan cepat menguasai apa yang kita pelajari jika kita juga melakukannya.

Start From Learning by Doing

 

Baca Selengkapnya
Next Post:

Ngeblog Itu Keren!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Dyah Titi Sumpenowati
Manusia biasa yang mencoba untuk bertumbuh dan berkembang. Menghadapi Quarter Life Crisis dengan memperdalam imaginasi dan pengetahuan diri.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram