fbpx

Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Anak Untuk Wujudkan Generasi Maju Berkualitas

February 26, 2021

Kita pasti sering kali mendengar kalau Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Memiliki peran yang cukup signifikan di berbagai proses penting dalam tubuh seperti memproduksi hemoglobin. Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka sel darah merah tidak akan mampu mencukupi kebutuhan oksigen dalam tubuh. Akibatnya muncul keluhan mudah lelah, sulit berkonsentrasi, sering sakit kepala, dan pucat.

Dampak lain yang bisa ditimbulkan adalah anemia. Dan hal ini bisa terjadi pada siapapun termasuk pada usia anak. Jika pemenuhan Zat besi tidak tercukupi dengan baik maka anak bisa mengalami kesulitan konsentrasi, mudah mengantuk bahkan penurunan aktivitas di hari-harinya lantaran kekurangan suplai oksigen pada otak dan tubuh.

Anemia adalah kondisi dimana ketika darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup. Diagnosa anemia memang umumnya jarang terlihat pada gejala awal, akan mudah dikenali dan ditekesi sehingga bisa dilakukan penanganan atau pencegahan lebih lanjut dengan melakukan cek di laboratorium hemoglobin.

Ketika menemukan gejala anemia pada anak ada baiknya tidak diabaikan karena dapat berdampak pada performa serta ketangkasan yang akibatnya akan mengganggu kemampuan daya pikirnya, bahkan jika terus berlanjut dapat berdampak jangka panjang seperti gagal tumbuh.

Itu sebabnya kebutuhan zat besi harus dipenuhi di masa penting pertumbuhan anak, yakni dari usia 6 bulan sampai 3 tahun. Sebab di periode ini, kebutuhan gizi anak meningkat dan mengalami pertumbuhan yang cepat.Untuk mendeteksi tingkat zat besi dalam tubuh, bisa melakukan pemeriksaan darah lengkap seperti Total Iron Binding-Capacity (TIBC), pemeriksaan morfologi darah tepi, dan serum besi (Serum iron).

memahami kebutuhan nutrisi anak untuk mengoptimalkan tahapan dan aspek tumbuh kembang sesuai dengan usianya, serta rutin mengasah potensi yang dimilikinya. Oleh Karena itu untuk melengkapi pemenuhan nutrisi serta gizi yang tepat, selain memilih makanan mengandung zat besi dimana komponen ini tidak hanya membantu peningkatan oksigen tetapi juga mempercepat pembentukan sel darah merah. Selain itu pastikan juga makanan yang dikonsumsi kaya akan vitamin C yang dapat membantu menyerap zat besi pada tubuh.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Siti Nurjanah
Blog memiliki niche lifestyle yang memuat seputar tulisan mengenai pengalaman traveling, review produk/film/kesehatan/teknologi dan beberapa lainnya.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram