fbpx

Mengenal Hanbok (Part 1): Pakaian Kerajaan ~ 궁중복식 ~ Gungjungboksik

February 22, 2021

Ada yang tahu Hanbok? Ya, Hanbok adalah pakaian traditional Korea yang biasanya dipakai saat hari besar dan semacamnya. Hanbok juga menjadi pakaian yang wajib dikenakan saat berkunjung di beberapa istana di Korea.

Hanbok juga akan selalu kalian lihat di drama Korea saeguk atau bertema kerajaan. Kalian Perhatikan gak sih bahwa ada perbedaan hanbok yang digunakan baik antara anggota kerajaan dan rakyat biasa, baik wanita maupun pria juga akan berbeda, dan masing-masing memiliki nama. Itupun berbeda lagi tergantung acara atau urusan yang harus dihadiri.

Saya menulis ini berawal saat merapikan buku-buku di kamar dan menemukan handbook mengenai Hanbok. Saya memperolehnya ketika menghadiri seminar mengenai Hanbok pada 29 September 2018 di KCC Indonesia (hmm... sudah lama yah dan jadi rindu maen kesana) yang berjudul "Wear HANBOK on Happy Day" dalam rangka 2018 Hanbok Cultural Education Contents Promotion Project.

Umumnya, Hanbok terbagi atas dua yaitu untuk kerajaan dan umum. Nah, Kali ini saya akan membahas terlebih dahulu mengenai pakaian kerajaan di Korea dalam bahasa Korea berarti 궁중복식 (Gungjungboksik).

Siapa tahu kalian bisa langsung menebak jenis hanbok apa yang digunakan oleh artis dan idol Korea favorit kalian.

Pakaian Raja (왕복: Wangbok)

1) Myeonbok (면복) dan Myel-lyu-gwan (몔류관)

Myeon-bok adalah pakaian seremonial Raja yang dipakai untuk upacara pengorbanan kenegaraan yang diadakan di Kuil Jongmyo atau Altar Sajikdan atau upacara resmi lainnya di Jeongjo (Pagi Bulan Pertama), Dongji (Titik Balik Matahari Musim Dingin), Johoe (Audiensi Istana), atau Napbi (pernikahan).

Myeon-bok dikenakan dengan myeollyugwan dan jubah yang disebut gonbok, yang meliputi gonui (jubah dengan sulaman desain naga), jungdan (jubah bagian dalam), pyeseul (ornamen sabuk), ikat pinggang, paeok (ornamen giok), daedae (sabuk lebar ), su (hiasan warna-warni), mal (kaus kaki), seok (sepatu), dan gyu (pita jubah luar).

Myel-lyu-gwan adalah mahkota kekaisaran. Myel-lyu-gwan memiliki garis yang terbuat dari manik-manik biru, merah, kuning, hitam. 12 baris untuk Raja, 9 baris untuk Putra Mahkota, 7 baris untuk putra tertua Putra Mahkota.

2) Je-bok (제복) dan Yang-gwan (양관)

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
aindhae
Masih belajar menulis! berkutat dengan blog pribadi dan menulis artikel di Korea.net sebagai Honorary Reporter.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram