fbpx

Mengenal Kekasihku

29 May, 2022

Ayah nabi Muhammad adalah abdulloh bin abdul mutholib bin hasyim bin abdul manaf bin kussi bin kilab. Nama ibunya sayyidah Aminah, mereka menikah sebenarnya masih kerabat dan dari keturunan lebih tua ibunya Nabi. Seperti sayyida Aminah ini adalah lik e ayahnya nabi jadi seperti itu.

Nabi Muhammad lahir di makkah pada tanggal 2 robiul awal atau bulan maulud tahun gajah. Kenapa tahun gajah karena pada saat itu nabi dilahirkan karena ada pasukan menyerang makkah.

Wafatnya ibu Nabi Muhammad saw. Nabi diberi susu oleh suwaibah al islamiyah beliau adalah juru laden atau pembantu paman nabi abu tholib kemudian di susukan kepada halimah sa’diyah sampai umur 4 tahun

Mengenai bagaimana nabi Muhammad di tinggal wafat oleh beberapa keluarga tercintanya sampai beliau belum dilahirkan sudah ditinggah oleh ayah tercinta saat nabi belum masih dalam kandungan. Kemudian saat nabi berusia 6 tahun ditinggal oleh ibunya berziarah ke makam ayahnya lalu meninggal dan di makamkan di tanah abwa’. Kemudian nabi di asuh oleh ummu Aiman beliau adalah juru laden atau pembantu Abdul Mutholib selama 2 tahun nabi ikut dengan kakeknya, yang berarti sampai umur 8 tahun kemudian sang kakek wafat. Setelahnya nabi di asuh pamanya abu tholib.

Dalam perjalanan awal nabi pergi ke Negara syam kalau sekarang palestina yaitu nabi angon wedus istilahnya seperti jasa gitu ya dan mendapat upah untuk bias hidup. Sampai pada umur 9 tahun nabi pergi ke syam bersama pamannya untuk berdagang. Dalam perjalanan tersebut nabi di begal oleh pendeta dan pendeta tersebut menceritakan pada abu tholib bahwa nabi Muhammad adalah penutup para nabi .kenapa pendeta berkata tersebut , karena dia bias melihat tanda-tanda kenabian pada nabi Muhammad.

Perjalanan nabi kedua pada saat umur nabi 25 tahun beliau pergi ke syam kedua kalinya untuk berdagang yang modalnya dari sayyida khodijah, khodijah itu perempuan yang punya sifat mulia punya banyak harta . nah khodijah ini memperdagangkan melalui beberapa orang laki-laki dan khodijah memilih nabi Muhammad . mengapa nabi Muhammad? Karena sayiida khodijah mendengar bahwa nabi Muhammad mempunyai sifat dapat dipercaya , akhlak yang baik, dan mulia.

Dalam berdagang nabi Muhammad ditemani pembantu khodijah yaitu Maisaroh , mereka berdagang mencari atau istilahnya kulak dagangan seperti itu. Nabi juga mendapat bati, jadi sama ya dalam kehidupan kita saat ini, yang namanya jualan ya mencari keuntungan. Nabi itu kalau dagang jujur, harganya segini kalau tidak mau ya sudah. Jadi yang membeli bias mengira-ngira karena perjalanannya nabi juga jauh.

Selanjutnya dalam dagangan kedua kalinya ,setelah nabi Muhammad pulang dari syam. Jeda dua bulan khodijah melamar nabi Muhammad, saat itu umur nabi 25 tahun sedangkan khodijah adalah janda umur 40 tahun. Sebelumnya khodijah sudah punya suami namanya Abu Halah kemudian meninggal, khodija juga sudah punya anak namanya Halah. Nah Halah ini usianya tidak lama, saat masih muda kemudian meninggal.

Nabi dan khodijah berumah tangga selama 25 tahun, selama khodijah masih hidup nabi hanya punya satu istri yaitu khodijah. Jadi nabi Muhammad menikah lagi itu usianya sudah 50 tahun, khodijah adalah istri yang tidak dimadu, sungguh setia bukan. Hanya saja setelah itu nabi menikah lagi. Istri nabi Muhammad sebenarnya ada 15 namun yang biasa kita dengar atau diceritakan hanya 9 saja. Loh, kemana yang 6? Yang ke enam sebenarnya sudah meninggal sebelum nabi wafat. Jadi seperti itu…

Kehidupan nabi Muhammad sebelum menjadi nabi , yaitu pada usia 40 tahun beliau menjauh dari kerumunan manusia, ber uzlah atau menyendiri di gua hira’. Nabi pas mau ber uzlah itu juga bawa bekal .

Lalu ibadahnya nabi itu pakai agamanya siapa? Nabi Muhammad beribadah memakai agamanya nabi Ibrahim, kenapa bukan yang lainya seperti nabi musa atau siapa gitu. Karena kitab sebelumnya sudah campur aduk, kalau punya nabi Ibrahim masih murni.

Mengenai peletakan hajar aswad di mekkah, orang kafir bingung siapa yang berhak meletakkan hajar aswad ini. Kemudian mereka menetapkan siapa saja yang pertama kali masuk masjid itu dialah yang berhak meletakkannya. Kebetulan Nabi Muhammad yang masuk, kemudian oleh para pemimpin kafir untuk meletakkan hajar aswad tersebut, namun Nabi justru mengajak mereka untuk meletakkan bersama . setelah selesai orang kafir membicarakan mengenai nabi Muhammad “ kok bias ya nabi Muhammad berfikir seperti itu, tidak diletakkan sendiri tapi malah mengajak bareng”.

Nabi mempunyai julukan al-amin, seperti apa itu ceritanya. Ya karena nabi Muhammad mempunyai sifat budi pekerti , memulyakan kaumnya dengan menghormati dan menyayangi sehingga dijuluki al-amin yaitu dapat dipercaya.

Nabi mendapakatkan atau turunya wahyu, ketika umur 40 tahun beliau mendapatnya melalui mimpi Allah swt mengutus nabi bebungah, mengajak yang hak, dengan izin Allah swt beliau adalah seperti lampu yang menerangi. Dalam mimpinya nabi itu menjadi nyata saat sudah sadar atau bangun tidur, kemudian turun ruh yang dapat dipercaya yaitu Jibril .

Dakwah nabi Muhammad , awalnya beliau berdakwah secara sembunyi yang dimulai dari keluarga dan kerabat dekatnya. Baru kemudian beliau dakwah secara terang terangan, mengenai orang yang pertama memeluk islam kalau dari kaum wanita yaitu sayyidah khodijah sedangkan dari laki-laki yaitu Abu bakar , yang ke 2 Zaid bin harisah. Beliau zaid adalah anak angkat rasulullah, ceritanya dulu Zaid dinamakan Zaid bin Muhammad namun tidak dibolehkan karena itu akan merusak nasab, dan ceritanya juga istri Zaid mau berpisah denganya dan rasulullah mau menikahi mantan istri zaid tersebut sehingga masyarakat timbul permasalahan, masak mantan istri anak angkatnya mau di nikahi. Maka dari itu anak angkat tetap dinasabkan ayah aslinya, kalau mau mengangkat anak ya sudah tidak memakai nama bapak angkat di belakangnya, jadi Zaid bin harisah bukan bin Muhammad. Seterusnya ada ya yang masuk islam, hanya saja cerita sedikit itu aja hehe…

Dakwah selanjutnya yaitu secara terang-terangan, begitu banyak rintangan yang dihadapi oleh nabi Muhammad, mengapa nabi memberanikan secara terang-terangan ? karena sebelumnya dakwah sembunyi sehingga beliau mempunyai pengikut. Rintanganya mulai dari tidak disukai orang kafir sampai mengatakan kepada pamanya nabi untuk menghentikan dakwahnya, bahkan meminta untuk menukar anaknya kafir qurais untuk di tukar nabi Muhammad untuk dibunuh, abu thalib jelas tidak mau. Masak anaknya dia di rawat sedangkan ponakanya di bunuh, nabi juga pernah dilempari kotoran. Namun ada cerita temboknya kakbah itu mencolot ke atas untuk menghentikan orang yang diatas untuk berbuat jahat pada nabi, jadi kakbah saja melindungi nabi, masyaallah…. Kisah beliau sungguh penuh cobaan tapi nabi orang yang sabar, pemaaf, lembut…nabi kalau marah yang biasa sewajarnya.

Selain  kafir qurais yang kelakuan seperti itu yang paling ngelaraaken nabi itu ada abu jahal, abu lahab, ‘ukbah bin abi mungait, dan walid bin mughiroh.

Kisah hijrahnya nabi, nah hijrahnya nabi ini terlahirlah tahun hijriyah yang di pakai umat muslim hingga saat ini. Saat hijrah umur nabi yaitu 45 tahun , hijrah pertama pada tahun ke 5 kenabian.

 

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat bisa di share ya....

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Diyah Rahmawati
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram