Mengulik Trio Emak yang Meresahkan di Drama Korea Reply 1988

March 31, 2021

Reply 1988. Dari judulnya saja sudah bisa ditebak kan setting waktunya? Yup, bener banget. Drama Korea ini bersetting waktu di tahun 1988. Bercerita tentang kehidupan di tahun 80-an bikin aku jadi penasaran. Apalagi setelah banyak banget yang bilang kalau drama seri ini ceritanya bagus. Jadi rekomended buat ditonton.

Serial drama ini menceritakan tentang lima keluarga yang hidup bertetangga dalam satu blok yang sama di distrik Ssangmun-dong Dobong, Seoul, Korea Selatan. Mereka sama-sama memiliki anak berusia 18 tahun yang bersahabat sejak kecil.

Episode pertama dimulai dengan bagaimana kehidupan remaja di era 80-an berlangsung. Kita seperti diajak baernostalgia dengan suasana era tahun 80-an. Mulai dari trend menggunakan sepatu slip on, celana jins hingga kegemaran mendengarkan music lewat Walk-man.

Setelahnya muncul lima remaja yang sedang menonton televisi bersama dalam satu ruangan. Lima sekawan inilah nantinya yang menjadi sorotan cerita dalam drama seri ini yaitu Sung Deuk-Sun, Kim Jung-hwan, Sung Sun-woo, Ryu Dong-ryong dan Choi Taek.

Tak ada kesinambungan dalam tiap episodenya. Karena tiap episode selalu menampilkan masalah yang berbeda-beda dan terselesaikan di ending episode.

Masalah yang diangkat beragam, mulai dari tentang persahabat lima orang remaja berusia 18 tahun yang dibumbui kisah cinta masa SMA. Kenakalan-kenalan remaja pada umumnya yang bikin kita bernostalgia ke masa-masa sekolah dulu. Seperti pura-pura sakit biar bisa pulang cepat, nonton bioskop 17+, dan pertengkaran antar teman.

Beberapa adegan-adegan lainnya juga bikin kita serasa kembali ke masa sekolah. Seperti piknik sekolah bersama, lalu acara pentas seni. Selain jalan cerita yang sederhana, konflik-konflik yang disajikan juga retalable sama kehidupan sehari-hari.

Seperti saat pertengkaran yang terjadi anatara Deuk-sun dan Bo Ra karena Duek-sun memakai Baju Bo Ra tanpa izin. Atau cinta Deuk-sun yang bertepuk sebelah tangan.  Dan kisah-kisah keseharian yang sering kita alami lainnya.

Tak hanya menceritakan tentang kehidupan persahabatan lima sekawan tersebut. Tapi juga banyak sekali kisah tentang kekeluargaan yang disajikan. Setiap episode selalu saja ada konflik di dalam salah satu keluarga lima sekawan tersebut.

Entah itu tentang keluarga Duek-sun, Sun-woo, Choi Taek, Jung-hwan atau Do-ryong. Karena memiliki latar belakang dan kondisi ekonomi yang berbeda, konflik tiap keluarga juga berbeda-beda.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Laily Masruro Octavia
Seseorang yang selalu bersemangat saat diajak jalan-jalan
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram