fbpx

Menu Bekal Sehat Seminggu [Clean Eating Pt. 2]

17 March, 2022

Tulisan saya sebelumnya terkait Menu Bekal Sehat Seminggu ternyata disambut antusias oleh para pembaca. Tidak disangka ternyata sekarang ini banyak yang sudah sadar akan pentingnya memasak makanan sendiri.

Selain lebih sehat karena kita sendiri yang secara langsung melakukan control atas bahan, alat masak dan cara memasaknya, kita bisa saving uang lebih.

Jujur saja, sebenarnya saya tidak pernah melakukan prepare meal plan mingguan. Saya biasanya random saja memasak menu sehari-hari. Semuanya tergantung bahan apa yang masih tersedia didalam kulkas dan bumbu dapur.

Yang sudah pasti harus saya stock didalam kulkas untuk menghemat waktu memasak sehari-hari adalah sambal merah balado dan bumbu kuning. Setiap minggu saya pasti membuat keduanya.

[Untuk yang mau tahu resep sambal-sambalan bisa berikan comment agar saya buat resepnya secara terpisah di tulisan saya berikutnya]

Berikut saya sajikan kembali beberapa menu bekal seminggu yang berbeda dari sebelumnya. Saya tetap pada prinsip semula, yaitu menggunakan bahan tradisional yang sangat mudah didapat diberbagai pasar tradisional seluruh Indonesia sehingga sangat mudah untuk ditiru ataupun dimodifikasi. So simple!

Hari Senin

Menu:
1. Karbo : Nasi Merah
2. Sayur : Selada, Timun Potong dan Tomat Ceri
3. Lauk : Sop Pedas Telur, Jamur dan Jamur Kuping

Hari Selasa

Menu:
1. Karbo: Nasi Merah
2. Sayur: Tumis Pedas Buncis Telur
3. Lauk: Ikan Nabati (Vegan) Sambal Balado

Hari Rabu

Menu:
Karbo: Nasi Merah
Sayur: Soup Miso khas Jepang (Tahu rebus dicampur dengan Miso Pasta dan Rumput Laut)
Lauk: Nouget Nabati goreng kering

Hari Kamis

Menu:
Karbo: Nasi Merah
Sayur: Selada dan Buncis serta Wortel yang direbus
Lauk: Semur Daging Rusa plus Telur Rebus

Hari Jumat

Menu:
1. Karbo digabung dengan Sayur dan Lauk:
Tumis Mie Shirataki dengan telur dan berbagai macam sayuran dan bumbu pedas
2. Cemilan Pedamping: Lumpia isi sayuran

Demikian beberapa menu harian yang simple dan bisa dimasak setiap harinya. Tips dari saya pribadi adalah sesuaikan makanan yang sekira kita konsumsi dengan banyaknya kegiatan yang akan kita lakukan seharian. Contohnya seperti menu hari selasa dan kamis biasanya akan memasak makanan protein tinggi karena hari itu merupakan jadwal rutin saya untuk berolahraga.

Untuk weekend  saya untuk mengunjungi restoran atau cafe favorit. Saya jarang memasak dihari weekendWeekend adalah waktu untuk santai. Pastikan diri untuk selalu punya waktu untuk tidak memasak dalam seminggu agar rutinitas memasak tidak menjadi hal yang membosankan dan berakhir burn out.

[NB: Dilarang keras mempergunakan gambar tanpa seizin penulis]

Happy Cooking Good People!

B.F.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Bethania FEBYOLETTA
Enthusiastic about Minimalism, Self-Development, Books, Healthy Lifestyle, Cooking and Travelling❤
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram