Menyoal Femmephobia, Menyoal Kemanusiaan

May 26, 2020

Sejak kecil, saya mendapat doktrin untuk tidak bergaul dengan lesbian karena lesbian itu “menular”. Sejak kecil, lingkungan “mengajari” saya untuk membenci waria karena mereka menyalahi kodrat. Sejak kecil, budaya tempat saya tinggal “menasihati” saya agar menjadi perempuan sempurna agar tidak menjadi hina.

Ketika dewasa, saya menemui berbagai macam orang dari berbagai latar belakang sehingga mengalami culture shock saat harus bertemu dengan orang-orang yang berbeda keyakinan dan orientasi seksual dengan saya.

Tapi, pengalaman inilah yang justru mengantarkan saya pada tahap pengenalan kemanusiaan. Pengalaman inilah yang mengajari saya bagaimana menjadi manusia yang sesungguhnya, yang tidak hanya berempati terhadap diri sendiri, tapi juga kepada seluruh makhluk di muka bumi ini.

Baca Selengkapnya
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Perempuan Sufi
Berbagai macam pekerjaan pernah dijalani, berbagai aroma kehidupan pernah dihirup, berbagai rasa pernah dicecap. Pada akhirnya, menulis sambil menikmati kopi dan fermentasi gandum menjadi jalan terakhir bagi manusia ini agar tetap waras dan humanis.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram