fbpx

Merk Kecap yang Enak untuk Semur Betawi

13 September, 2022

Semur betawi terkenal akan kuahnya yang kental. Selain itu, warna kuahnya juga hitam medok. Ada juga yang memasak semur betawi dengan warna kuah yang coklat kemerahan. Ini bisa karena semur pedas, atau jenis kecap yang digunakannya kurang hitam. Cuma tetap kuahnya mengental.

Selain itu, semur betawi juga punya rasa rempah yang cukup berasa. Ini perpaduan dari bumbu rempah yang digiling, dengan penggunaan kecap yang berempah. Jadi kecapnya bukan cuma sekedar hitam dan manis aja. Pemilihan kecap ini juga yang membantu kuah semur betawi jadi mengental, walau kalau saya dan beberapa orang juga tetap menambahkan gula merah untuk mengentalkan kuahnya.

Orang Betawi biasanya menggunakan kecap kampung, yang dijual dari mulut ke mulut. Kalau udah nggak tinggal di lingkungan Betawi, tentu ini menyulitkan, haha... Tapi ada juga orang Betawi yang menggunakan kecap lokal, yang tentunya lebih mudah didapat di pasaran.

Jadi selain takaran bumbu rempah, pemilihan kecapnya juga mesti diperhatikan ya. Ini dia beberapa kecap yang sering saya gunakan untuk memasak semur betawi. Saya urutkan dari yang paling sering saya gunakan ya. Karena kalau kecap yang 1 susah didapat, tentu harus nyari kecap penggantinya, kan.

 Pilihan Kecap Manis untuk Memasak Semur Betawi:

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nita Lana Faera
Food Blogger
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram