fbpx

Ngukuih Hajat, Ritual Adat Pendakian Gunung Bukit Raya

December 20, 2020

Salah satu pengalaman berkesan dalam pendakian Gunung Bukit Raya yang merupakan gunung tertinggi di Kalimantan ini adalah mengikuti upacara atau ritual adat yang harus dilakukan sebelum melakukan pendakian yaitu Ritual Adat Ngukuih Hajat. Ritual adat ini merupakan upacara atau ritual yang wajib dilakukan oleh semua pendaki yang hendak melakukan pendakian ke Gunung Bukit Raya. Upacara ini sudah turun temurun dilakukan oleh Suku Dayak Ot Danum, yaitu suku yang tinggal di kaki gunung atau desa terakhir sebelum melakukan pendakian Ke Gunung Bukit Raya. Upacara Adat Ngukuih Hajat dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada saat berangkat agar selama perjalanan kita diberikan perlindungan dan saat turun sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kita karena telah diberikan keselamatan sampai kembali lagi.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mei Sahrina Daema
Seorang travel blogger juga outdoor enthusiast, tertarik banget dengan yang namanya petualangan dan kegiatan alam terbuka khususnya mendaki gunung. Aktif juga dalam kegiatan voluntourism ataupun Volunteering dalam bidang pendidikan.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram