fbpx

PENIPUAN BERKEDOK PENERBIT BUKU !?HATI-HATI JIKA INGIN MENCARI PENERBIT !

February 16, 2021

Mempunyai buku solo adalah hal yang diinginkan oleh para penulis, kalian merasa bangga jika naskah tulisan yang sudah kalian buat akhirnya dicetak menjadi buku solo oleh penerbit sehingga kalian mempunyai buku solo sendiri dan sangat disukai oleh para pembaca. Banyak sekali penerbit-penerbit buku mayor atau indie yang siap menwarkan naskah kalian untuk dicetak dalam sebuah buku. Siapa nih yang cita-citanya ingin menjadi penulis buku?

Memiliki buku solo sudah bangga sekali apalagi dari penerbit buku yang terkenal, namun kalian tetap harus hati-hati ya untuk mencari penerbit buku. Tidak semuanya penerbit buku itu jujur dan berkualitas, tetapi apa jadinya jika kalian ingin menerbitkan buku ke perusahaan penerbit buku itu ternyata palsu.

Minggu kemarin yang lalu, aku dikejutkan dengan kasus yang diduga penipuan berkedok penerbit buku di sebuah grup literasi facebook yang aku ikuti. Pelaku founder penerbit yang aku gak sebutkan namanya serta nama penerbitannya itu sudah banyak menipu banyak orang dengan modus giveaway, karyawannya gak digaji, sampai event lomba gak di jalankan. Banyak sekali alasan-alasan gak jelas oleh pelaku yang menyebabkan kekacauan sampai berujung dugaan penipuan.

Kasus ini menjadi bahan omongan di dunia literasi sampai banyak disebar ke beberapa teman dan grup-grup lain, aku yang sedang baca komentar-komentar di postingannya ada beberapa orang yang mengaku pernah ikut event oleh penerbit itu udah jadi korban penipuan sampai-sampai ada yang mengaku bahwa uang buat biaya cetak bukunya tuh dibawa kabur oleh si pelaku. Kasus ini banyak sekali dibahas di grup-grup penulis dan ada yang bilang kalau pelaku founder penerbit itu masih berumur dibawah 18 tahun. Well, aku gak kaget sih kalau melihat berita penipuan itu, bahkan penerbitnya sendiri gak begitu terkenal sih tapi udah banyak diikuti oleh beberapa peserta yang ikut event lomba atau nerbitin bukunya.

 

Well ini ngeri juga sih dan biasanya kalau kasus ini bisa terjadi di beberapa penerbit kecil yang baru berdiri dan sering kutemukan di grup-grup literasi.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Alya Putri Herdinanti
I'm a Student Age 20 years My Hobby is Blogging,Play Game, and Listening Music Started to be a blogger since 2018
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram