fbpx

Pentingnya Pendidikan Sejak Dini

Pentingnya pendidikan sejak dini bagi seorang anak, merupakan tahapan penting bagi реrkеmbаngаn аnаk. Pendidikan anak usia dini yang berjenjang dan berpola, diberikan untuk аnаk bеruѕіа dіnі іnі tіdаk hаnуа mengenalkan anak раdа аktіvіtаѕ fisik dan bersosialisasi pada lingkungan sekitar. Namun juga memberi bеbеrара mаnfааt lаіn.

Apa Pentingnya Pendidikan Sejak Dini Bagi Seorang Anak?

Pendidikan anak usia dini di sisi lain bukan hanya hal terpenting bagi kesuksesan masa depan anak. Namun ini adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan. Kematangan pendidikan sejak dini sangat efektif dalam perkembangan anak dari berbagai aspek kecerdasan. Selain itu pendidikan anak usia dini menjadikan anak lebih dewasa dan siap menghadapi dunia sekolah.

Berdasarkan penelitian dari banyak ahli, menegaskan bahwa pentingnya pendidikan anak sejak dini dapat mempengaruhi pertumbuhan mental dan perkembangan otak seorang anak.

Menurut Wittrock (Clark:1983) ada 3 (tiga) zona dalam perkembangan otak seorang anak : pertumbuhan serat dendritik kompleksitas sinapsis dan pembagian neuron. Peran ketiga zona otak ini sangat penting bagi perkembangan kemampuan berpikir seorang manusia.

Alasan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Kematangan pendidikan di usia muda sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan seorang anak dari berbagai aspek kecerdasannya. Apalagi anak-anak yang dididik pada usia dini lebih dewasa dan siap menghadapi dunia sekolah.

Pendidikan anak usia dini mengajarkan anak-anak dasar-dasar belajar. Tentu saja di usia muda mereka akan mempelajari dasar-dasarnya. Mereka diajarkan melalui permainan karena mereka mengetahuinya. Tapi bukan hanya permainan tapi permainan yang dipandu.

Mereka dapat belajar banyak melalui permainan yang dipandu. Bagaimana berkomunikasi pemecahan masalah, negosiasi, manajemen waktu, tanggung jawab sosial / kelompok kecil, bahkan kemampuan untuk belajar satu sampai tiga bahasa. Itulah tujuan dan fungsi pendidikan anak yang sebenarnya.

 

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Anggria Novita
Seorang alumni FITK PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, juga aktif sebagai Dosen, Penulis, dan Blogger Pendidikan Anak Usia Dini.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram