fbpx

Pentingnya Support System untuk Jaga Kesehatan Mental Ibu

18 July, 2021

Ibu memiliki peran penting dalam keluarga. Tidak hanya mengurus rumah tangga, kehidupan generasi manusia juga terlahir dari rahimnya. Kesehatan mental ibu yang sejatinya sangat penting untuk menjalani tanggung jawab, masih sering terabaikan. Padatnya tugas yang mesti diselesaikan serta berbagai tuntutan tidak realistis dengan standar kesempurnaan yang menekan adalah penyebab tersering terjadinya stres atau depresi pada ibu. Padahal tanpa ditambah dengan faktor ekternal tersebut, tugas segudang dan tubuh ibu dengan hormon yang sering berubah-ubah sudah cukup membuat emosinya tidak stabil.

Terganggunya kesehatan mental ibu tidak hanya berdampak pada ibu pribadi, namun juga kepada anak, pasangan dan keluarga. Ibu bukanlah manusia super yang bisa menyelesaikan semuanya tanpa cacat. Ibu juga butuh dukungan dan bantuan ketika dirinya tidak mampu. Ini tentu butuh kepedulian dari orang terdekat agar ibu tidak lagi merasa sendiri. Support system, itulah jawabannya. Ibu butuh membangun support system agar dapat menjaga keseimbangan antara tanggung jawab dan kebutuhan pribadi. Sehingga ibu dapat berpikir dengan baik dan mengambil keputusan dengan tepat, yang pada akhirnya tugas dapat terselesaikan sesuai harapan. Akhirnya kebahagiaan yang diraih ibu dengan segala manfaat positifnya dapat menghangatkan keluarga.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Novarty Eka Putriana
Aku seorang Ibu Rumah Tangga baru yang hanya memiliki sedikit sekali pengalaman dalam dunia parenting. Banyak hal yang harus dipelajari agar semuanya seimbang. Keluarga selalu menjadi prioritas utama dalam hidupku. Tapi disisi lain, aku selalu bersemangat untuk menjadi Ibu Rumah Tangga yang sukses. Menjadi Ibu Rumah Tangga bukan berarti menghentikan langkah untuk sukses.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram