fbpx

Pernikahan Beda Budaya, Nyata Rasakan Indahnya Keanekaragaman Di Indonesia

17 August, 2021

Pernikahan beda budaya memiliki tantangan dan proses beradaptasi. Pengalamanku bersama suami yang sebelumnya tinggal berpuluh tahun di pulau berbeda, tentu memiliki kebiasaan, adat, tradisi, watak, selera bahkan bahasa keseharian yang berbeda pula. Namun banyak pelajaran yang kami dapatkan selama proses penyesuaian ini. Mulai dari memahami pentingnya bertoleransi, menghargai dan berdiskusi. Bonusnya, kami berdua bisa menikmati banyak sekali kuliner khas dan objek wisata di daerah asal pasangan. Nyata sekali di depan mata bahwa Indonesia memang kaya akan keanekaragaman yang membuat siapa pun tidak pernah bosan bereksplorasi.

 

Seperti menjadi Indonesia skala kecil, rumah tangga kami seolah menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat negeri ini yang berhasil membuat perbedaan sebagai satu kesatuan harmonis. Pancasila memang harus dijadikan dasar, sehingga setiap tindakan tidak memancing perpecahan.

 

Keanekaragaman Indonesia yang sudah mendunia ini tentu harus dilestarikan bersama. Budaya kita, kekayaan alam kita, hutan-hutan kita, kuliner nusantara kita, hingga kemurahan senyum kita. Alam dan lingkungan hidup adalah sumber dari segala kehidupan, seyogianya menjadi fokus penting agar keberagaman ini tidak musnah. Banyak cara sederhana yang bisa dilakukan, diantaranya menjaga ekosistem yang ada, menjaga sikap, mengutamakan toleransi, tidak melakukan vandalisme di mana pun dan pastinya butuh kesadaran kita semua untuk saling mendukung dan mengingatkan. Bukankah sangat indah bila kebanggaan akan Indonesia yang kita rasakan saat ini juga tetap dirasakan oleh anak-cucu kita?

 

Dirgahayu yang ke-76, Indonesiaku!

Terima kasih atas keanekaragaman yang engkau miliki. Terkhusus untukku dan suami belajar banyak nilai-nilai kehidupan dari kekayaan budaya negeri ini.

#IndonesiaBikinBangga

#UntukmuBumiku

Baca Selengkapnya
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Novarty Eka Putriana
Aku seorang Ibu Rumah Tangga baru yang hanya memiliki sedikit sekali pengalaman dalam dunia parenting. Banyak hal yang harus dipelajari agar semuanya seimbang. Keluarga selalu menjadi prioritas utama dalam hidupku. Tapi disisi lain, aku selalu bersemangat untuk menjadi Ibu Rumah Tangga yang sukses. Menjadi Ibu Rumah Tangga bukan berarti menghentikan langkah untuk sukses.

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram