Bulan puasa itu bukan untuk berleha-leha ya. Memang sih ada perbedaan yang berarti antara berpuasa dan nggak berpuasa, iya nggak? Perbedaan yang berarti itu bisa berupa stamina kita ya. Jangan alasan stamina, terus kita nggak mau melakukan aktivitas yang berarti ya. Loh, kok bisa terus beraktivitas selama puasa? Bisa dong ya.

Nah, kali ini saya punya tips nih buat kamu yang mau tetap produktif selama puasa. Apa aja tipsnya? Yuk, simak tips produktif ala saya selama puasa kali ini.

Alhamdulillah, selama berpuasa ini saya sudah bisa merampungkan dua novel dan satu cerita anak (proses cetak). Ya, bagi saya itu sesuatu banget karena baru tahun ini semangat menulis itu tinggi sekali. Nah, bagaimana saya tetap bisa merampungkan tiga buku solo dan ikut tantangan di dua blog selama 30 hari?

Sebagai pemula, saya ingin sekali karya saya yang mungkin sangat jauh dari kata sempurna untuk bisa dinikmati oleh banyak kalangan. Nah, dari niat itulah, saya mulai memilih event apa yang cocok untuk saya.

Untuk memilih event itu, pertama, saya harus mengenali dulu kesukaan saya. Saya suka menulis, maka saya akan melakukan aktivitas menulis. Terus, kerucutkan kesukaan itu.

Kedua, setelah saya mengetahui kesukaan saya, saya memilih tantangan menulis novel atau cerita anak. Mengapa nggak nonfiksi saja sih? Maunya sih, tetapi saya sudah putuskan memilih tantangan menulis novel dan cerita anak. Nonfiksinya ada dong, saya ikut lomba blog. Salah satunya di blogger.com dan kompasiana.com.

Ketiga, jika fokus pilihan sudah ada, maka saya harus segera membuat langkah-langkah untuk menyelesaikannya. Konsisten, itulah yang selalu diajarkan kepada saya dari para senior. Konsisten itu perlu ya, biar kegiatan kita bisa berlanjut sampai selesai.

Keempat, rasa bosan dan malas itu pasti ada, tetapi semangati diri sendiri dengan mengingat niat awal untuk beraktivitas ya. Perbaiki niat dan perbesar niat itu dengan keinginan yang besar lagi.

Kelima, tetap jaga kesehatan ya karena aktivitas yang banyak itu akan sangat nyaman dilakukan jika tubuh sehat. Jadi, jangan lupa istirahatlah jika sudah penat. Perhatikan tubuhmu ya, jangan sampai drop ya.

Nah, itu saja tips agar bisa produktif selama puasa ala saya ya. Intinya, produktivitas itu tergantung dari motivasi dan kita. Jika niatnya ibadah, maka semangat itu akan terus membara sampai selesai.

Tetap semangat menjalani puasa dengan produktif ya. 😍🤩

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Meliana Aryuni
Mari kita menulis! Tuangkan imajinasimu dalam tulisanmu. Berkunjunglah di https://melianaaryuni.wordpress.com
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram