Rekomendasi Drama Korea Ringan Bertema Coming of Age

February 26, 2021

Belakangan ini aku lagi senang sama cerita-cerita slice of life yang ringan dan membuat bahagia, mungkin salah satu alasannya karena kondisi pandemi saat ini jadi aku living a normal life through someone else sementara fantasi kan bukan kehidupan normal ya. Jadi aku memanfaatkan Netflixku untuk menonton berbagai tontonan yang membuatku senang dan tenang setelah menonton acara lain atau berita yang membuat setres. Di sini aku akan berbagi dua drama Korea bagus banget yang temanya coming of age, cukup ringan, dan bisa kalian temukan di Netflix. Ada dua yang aku tonton dalam setahun ke belakang, yaitu My First First Love dan Because This Is My First LifeComing of age itu bisa dibilang adalah proses “menjadi dewasa” jadi dalam kedua drama tersebut kita akan melihat perkembangan pribadi para tokohnya dan bagaimana mereka melalui masalah-masalah kehidupan. Meskipun di drama kedua para tokohnya sudah berusia 30-an, menurutku masih bisa dikategorikan coming of age karena dipenuhi banyak perkembangan pribadi dan membicarakan pernikahan dan bagaimana mereka dianggap lebih dewasa setelah menikah.

Aku memilih kedua drama tersebut karena mereka sudah beberapa tahun usianya dan tidak terlalu ramai dibicarakan orang-orang belakangan ini. Tapi mereka bagus juga, kok, dan sebenarnya cukup terkenal mungkin dua atau tiga tahun yang lalu. Mungkin kalian sudah pernah dengar juga karena memang cukup terkenal kok, tapi ya nggak seramai Start-Up atau It’s Okay to Not Be Okay. Ada banyak kesamaan dari dua drama di bawah ini, yang pertama menurutku mereka cukup ringan plot utamanya (meskipun kadang-kadang ada subplot yang berat), tidak ada mafia atau konglomerat (seperti banyak drakor lainnya dan I don’t like it), bisa dibilang keduanya bertema Coming of Age, dan keduanya mengandung unsur pertemanan yang cukup kental. Aku sih suka sekali. Mari kita bahas satu persatu.

My First First Love

My First First Love adalah seri keluaran tahun 2019 dengan tokoh utama Yoon Tae-o yang tinggal sendiri di sebuah rumah besar. Dalam beberapa hari berikutnya dia akan kedatangan beberapa teman dari kalangan yang berbeda yang datang kepada Tae-o karena alasan masing-masing yang menyebabkan mereka semua akhirnya akan tinggal bersama Tae-o di rumahnya. Ada Han Songi yang diusir dari rumahnya tempat ia hidup sendiri karena tanpa ia sadari rumah itu sudah dilelang; ada Choi Hoon yang diusir orang tuanya karena ia ingin menjadi penyanyi sementara orang tuanya ingin ia menjadi pengusaha; ada O Garin yang juga anak orang kaya, yang dikirim orang tuanya kuliah ke luar negeri tapi ia ingin kabur; dan terakhir ada Seo Dohyun yang tidak punya tempat tinggal lagi karena ayahnya ingin pulang ke kampung tapi ia ingin tetap di kota untuk kuliah dan ujian CPNS. Di rumah ini mereka semua akan mengalami berbagai drama percintaan, pertemanan, masalah keuangan, masalah keluarga, dan tentunya sangat menarik menyaksikan character development dari masing-masing orang.

Because This Is My First Life

Because This Is My First Life adalah seri keluaran tahun 2017 tentang dua orang yang butuh uang sehingga memutuskan untuk tinggal dalam satu rumah. Setelah beberapa lama mereka tinggal bersama, Sehee mengusulkan pada Jiho untuk berpura-pura menikah karena orang tua mereka sama-sama berharap Jiho dan Sehee yang keduanya sudah berusia 30-an untuk segera menikah. Aku tahu kalau ini sangat klise hahaha. Tinggal bersama, pura-pura menikah, lalu lama-lama jatuh cinta? Iya memang klise dan ada di mana-mana sepertinya. Tapi drama ini juga membahas banyak isu penting lainnya mulai dari tradisi yang ditekankan oleh orang tua pada anak, hubungan antara pasangan yang sudah lama berpacaran, hingga seksisme di dunia kerja. Drama ini juga mengandung unsur pertemanan yang cukup kental sehingga menyenangkan untuk ditonton.
Untuk review lebih lengkap tanpa spoiler, bisa mengunjungi blogku.
Baca Selengkapnya
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Anindya Apta
Nama saya Anindya, saya senang menulis dan sudah lama menulis blog. Isi blog saya sangat beragam tetapi pastinya adalah hal-hal yang membuat saya senang. Mulai dari pengalaman jalan-jalan, review buku, fashion, hingga hobi-hobi saya yang lain.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram