Ritual Nyadran di Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede

April 22, 2020

Peserta Nyadran mayoritas adalah laki-laki, namun perempuan tetap dilibatkan, termasuk saya. Semua abdi dalem duduk lesehan mengikuti bentuk pendopo. Sementara di pinggiran pendopo ada satu abdi dalem yang bertugas untuk menjaga kemenyan agar tetap terbakar. Acara yang dipimpin langsung oleh Pak Tumenggung ini tidak hanya berpusat di satu tempat, tetapi tiga, yaitu pendopo halaman kompleks makam, teras Masjid Gede Mataram, dan makam raja-raja.

Acara di pendopo sudah selesai, seluruh abdi dalem berbaris rapi menuju teras Masjid Gede Mataram sembari membawa ubu rampe serta hidangan lainnya. Selama kegiatan, seluruh abdi dalem tidak ada yang menggunakan sandal. Bahkan, seragam yang dikenakan pun sama, yaitu pakaian khusus abdi dalem untuk Kasunanan Surakarta.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Raden Nurul
Saya perempuan yang percaya bahwa bahagia itu sederhana. Sebab, bahagia bisa dibuat sendiri dan mampu dirasakan orang banyak. Dalam blog yang saya punya, biasanya ragam tulisan saya unggah. Tentang cerita pribadi, opini, serta pengalaman dari sebuah perjalanan. Meski sempat vakum dari dunia ini, sekarang saya kembali tertarik untuk menggelutinya.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram