fbpx

Rumah Teh Ndoro Donker, Wisata Karanganyar. Duh Kangen!

21 July, 2021

Tiba-tiba aja tonton dengan Rumah Teh Ndoro Donker yang terletak di kabupaten Karangayar, Jawa Tengah. Ada yang sudah pernah ada? Saat aku merantau dan kuliah di UNS, aku nggak asing lagi dengan wisata sekitaran Karanganyar. Daerah sana memang terkenal sebagai puncak Bogornya versi Solo Raya.

 

 

Sebetulnya banyak sekali perbedaan dari tahun ke tahun. Aku ingat sekali saat pertama kali melakukan perjalanan menuju Ndoro Donker ketika kuliah dulu. Saat itu jalanan masih sepi, hanya kebun teh.

Namun sekarang ternyata sudah banyak restoran yang juga nggak kalah  instagramable,  seperti Resto Kemuning, Omah Kodok, Bale Branti. Namun tetap saja, Ndoro Donker akan selalu memiliki kenangan tersendiri. Hehe.

Sensasi sejuk dan kebun teh memang sangat cocok untuk melipir dan dari  kesibukan segala rutinitasnya. Ada banyak sekali wisata di Karanganyar yang memang  direkomendasikan , mulai dari candi, air terjun, restoran, hingga penginapan.

Rumah teh Ndoro Dongker adalah salah satu wisata resto luar kota terakhir yang aku kunjungi sebelum negara api menyerang (read: pandemi). Sejak melahirkan anak kedua dan kemudian pandemi terjadi, memang membuatku nggak kemana-mana. Stay di Tangerang aja. So ya, nostalgia yuk!

A. Lokasi Rumah Teh Ndoro Donker

Rumah teh Ndoro Donker berlokasi di jalan Afdeling Kemuning No.18, desa Kemuning, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar. Tempat ini menyuguhkan pemandangan indah kebun teh dari kaki Gunung Lawu lho gaes!

 

rumah teh ndoro donker
Source : travelingyuk.com pict from instagram.com/yefta_assa/

 

 

Pada hari normal, rumah teh ini buka pada pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Kamu nggak perlu khawatir karena tempat ini juga dilengkapi dengan toilet, mushola dan parkiran.

Jika kalian berangkat dari kota Solo, kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam (jika lancar). Kamu bisa berangkat dari terminal Tirtonadi menuju terminal Karangpandan. Setelah itu pindah menggunakan  elf  atau bis kecil dengan jurusan terminal Ngargoyoso. Katakan pada supirnya kalau kamu akan turun di Ndoro Donker.

Sedangkan untuk kendaraan pribadi, dari kota mana pun, lakukan perjalanan menuju Kota Karanganyar, lalu setelah itu pilih rute jalan menuju Karangpandan. Aku selalu menggunakan kendaraan pribadi sih saat menuju ke sana.

 

Selengkapnya di nurrahmahwidyawati(dot)com

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nurrahmah Widyawati
Mom of 2, Blogger, Content Creator, Digital Art Enthusiast, Life long learner
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram