fbpx

Sambal yang Tidak Pedas Ternyata Bukan Hal Remeh

28 April, 2022

Apalah artinya sambal jika ia sama sekali kehilangan rasa pedasnya. Bukankah sambal diciptakan untuk memenuhi rasa pedas yang dipadu rasa lainnya sehingga menghasilkan rasa yang nikmat? Lalu bagaimana jika sambal kehilangan rasa pedasnya akibat telalu banyak diberi campuran bahan lain? Sepertinya sepele, tetapi nyatanya tidak sesepele yang dibayangkan.

Tunggu, soal pedas itu selera. Sebagaimana seseorang mendefinisikan cantik. Ya, ada orang yang suka sambal dengan pedas menggigit. Ada pula orang yang suka sambal dengan rasa pedas yang samar. Namun, ceritaku kali ini berfokus pada suatu ketika di rumahku yang pada kehilangan rasa pedas dari sambal.

Terlalu banyak campuran tomat membuat sambal di rumah kami kala itu jauh dari rasa pedas. Harga cabai mahal. Di saat yang sama kebutuhan sedang banyak. Sambal bukan kebutuhan pokok, sehingga untuk membuatnya pun ala kadarnya saja.

Perubahan iklim membuat sambal kami selama beberapa waktu terasa tidak pedas. Pedasnya sambal dipengaruhi perubahan iklim? Ya, kamu tidak salah baca. Nyatanya memang begitu.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nurvita Indarini
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram