fbpx

Stories of eating and drinking

25 February, 2023

Halo sobat!

Menyiapkan praktik makan dan minum menjadi penuh kesadaran terkadang mudah dan sulit juga sobat. Karena adanya rintangan yang harus dihadapi, misalnya sedang terpikirkan masalah yang muncul pada saat itu ketika sedang makan dan minum dan bahkan timbul lagi rasa keinginan pada sesuatu yang ingin dimakan/diminum padahal belum berlangsung. Lalu, untuk praktikan kesadaran ini, banyak aturan-aturan yang perlu dijalanin, contohnya : mulai dari gerakan tubuh ketika makan dan minum harus bagaimana semestinya dengan objek yang ingin dimakan dan diminum. Untuk atasi hal ini, kita bisa mencoba mengamati sebelum dimakan dan diminum, proses, dan akhirnya selesai. Namun, terkadang kita tidak selalu menyadari kalau sedang melakukan dua kegiatan ini. Hanya yang diperhatikan adalah berapa lama waktu yang kita habiskan untuk makan dan minum, apakah bisa mengerjakan sesuatu dan dapat selesai cepat setelah menjalani proses konsumsi asupan gizi dulu? Ternyata lebih banyak melakukan dua kegiatan ini biasa aja, yang penting bisa diserap sama tubuh dengan baik.

Hari demi hari, cara ideal yang bisa kita terapin, yaitu : melihat, mengamati dari campuran benda yang besar sampai terkecil di makanan atau minuman, mencicipi, menyantap dan meminum. Ternyata beda tingkat rasa, beda juga manfaat yang dirasakan (rasa sadar dan rasa biasa). Bawaan ketika rasa sadar muncul saat makan dan minum adalah jadi lebih menikmati apa yang dirasakaan saat itu, pikiran juga jadi tenang, tidak keliling-keliling memori tentang kemarin dan saat ini di pikiran, karena fokus ketika makan/minum. Selain itu, lebih teratur ketika ingin mengerjakan apa kegiatan selanjutnya, karena secara tidak langsung sadar dan fokus saat makan minum bisa bawa rasa damai dan tenang terhadap apa yang ingin dilakukan saat ini, munculnya rasa syukur secara langsung atas apa yang diberikan hasil makanan/minuman yang mengantarkan ke diri kita.

Makan dan minum mempunyai saudara untuk dapat terjadi kegiatan ini. Gerakan tubuh menjadi saudara dari kegiatan ini yang paling pertama. Pentingnya pegang sendok pakai tangan, dan gerakan peristaltic kunyah makanan jadi lebur. Ketika menggerakan tangan dan mulut, yang kita bisa rasakan lebih ke rasa hati-hati dalam makan/minum, menjadi relax, santai, tidak terlalu terus-terusan santap/minum cepat, karena memikirkan dengan sadar tentang proses makanan/minuman dapat dicerna dengan cara yang normal atau tidak.

Dan praktik penuh kesadaran ini yang membawa kita sobat jadi lebih telaten saat ingin makan dan minum, sadar dan tahu apa yang menyebabkan hasil energi kita jadi plus atau minus setelah makan dan minum berakhir.

#edisiflashbackprschool

Finding Paradise Wherever We Go

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mega Handoko
Halo sobat 🤗 #dengaralambernyanyi ☘️

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram