fbpx

Tinggal di Kota atau di Desa, Lebih Enakan Mana sih?

2 October, 2022
Karena benar-benar merasakan, dan tinggal lumayan lama baik di desa maupun kota, meskipun dalam versi yang mungkin nggak mengeksplor terlalu banyak hal-hal lain, selain rumah, sekolah dan rumah lagi dan sekolah lagi, hahaha.

Kelebihan tinggal di desa

Adapun beberapa kelebihan tinggal di desa adalah:
1. Bisa punya halaman luas dan punya tanaman sendiri, nggak semua harus dibeli
Rata-rata, orang yang tinggal di pedesaan itu, punya halaman yang luas, bahkan orang-orang yang sedang dinas kerja di desa sekalipun, dan tinggal di perumahan pemerintah, tetap ada halamannya.
Desa lawele
Karenanya, orang-orang bisa menanam berbagai tanaman di halaman tersebut, mulai dari bunga-bunga yang cantik, hingga sayur mayur dan bumbu-bumbu.
Di rumah mama saya, halamannya juga luas, dulu waktu saya masih kecil, banyak bunga-bunga yang saya tanam di halaman depan.
Sayang ketika saya pergi, bapak lebih suka nanam tanaman yang menghasilkan, seperti cabe, tomat dan semacamnya.
Di halaman samping juga bisa ditanamin berbagai sayuran dan bumbu, ada daun kelor, pepaya, kangkung, bayam, terong.
Bumbu-bumbu yang kayak kunyit, laos atau lengkuas, daun pandan, daun serei, jeruk nipis, dan semacamnya, nggak perlu beli lagi.
Pokoknya, kalau pulang ke rumah mama itu, paling sukanya part makan sayur, karena sayuran nggak perlu selalu beli, dan yang ada selalu segar-segar.
Bukan hanya itu, ada pula beberapa pohon buah-buahan, hingga kelapa muda, jadi sungguh ketika pertama kali ke Surabaya, saya shock beli kelapa kok mihil amat, hahaha.
Belum lagi labu, ya ampuuunnn mahalnyaaaa...
Padahal di rumah mama saya, sampai membusuk dan dibuang-buang dong.

Demikian pula dengan buah pisang, dan sirsat, yang mahalnya naudzubillah, padahal di rumah mama kami sering buang pisang dan sirsat, hahaha.

2. Udara lebih segar
Udara di pedesaan itu, jauh lebih bersih, bikin paru-paru lebih sehat.
Jujur saya jarang sakit ketika di rumah ortu, palingan menggendut dan menggosong aja, hahaha.
Karena daerah masih asri, masih banyak pohon dan tanaman, sementara kendaraan dan pabrik tidak sebanyak di kota besar, jadinya lebih sehat dan segar.
Selengkapnya baca di sini ya 🙂
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
@reyneraea
Seorang ibu dengan 2 putra yang suka berbagi pengalaman diri lewat tulisan
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram