fbpx

Tips Blogging yang Patut Kamu Coba untuk Optimasi Blog

31 May, 2022

Blogging itu sebenarnya dapat dilakukan dengan sesederhana menuangkan cerita dari pikiran kita ke dalam sebuah tulisan, atau "hanya" mengunggah gambar-gambar foto yang bermakna dalam sebuah perjalanan. Namun, jika ingin blog kita bisa mendapatkan banyak pembaca, maka ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mengoptimasi blog, yaitu:

Memperkaya pengalaman untuk mendapatkan banyak ilmu

Sebagaimana pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik, pengalaman akan memberikan kita pengetahuan. Jika kita punya banyak pengetahuan, maka kita akan punya banyak persediaan topik yang tinggal dituangkan ke dalam tulisan, sehingga kita pun jadi bisa menulis dengan lancar.

Lebih banyak membaca

Selain memperkaya wawasan, membaca juga dapat menambah kosa kata kita agar lebih beragam. Diksi yang kita tuliskan pun akan jadi lebih bervariasi. Lagipula, pada dasarnya memang menulis pun nggak akan jauh dari membaca. Setidaknya membaca kembali tulisan sendiri, yang mungkin perlu direvisi dari kesalahan pengetikan.

Menerapkan teknik SEO

Agar blog bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung organik (dari mesin pencari), kita bisa menerapkan teknik SEO (search engine optimization). SEO ini ada cara on page (di dalam web/blog) dan cara off page (di luar web/blog) —dan penjelasan detailnya lumayan panjang.

Tapi kalau kita bicara soal algoritma, memang tidak mudah untuk mengetahuinya secara pasti. Lagipula, algoritma suka berubah-ubah. Namun, kita tahu bahwa mesin pencari kayak google juga mengedepankan user experience, maka kita pun sebisa mungkin bikin konten yang bermanfaat untuk user a.k.a pembaca. Jadi ujung-ujungnya, fokusnya lebih ke pembaca sih.

Memanfaatkan tools

Ada banyak banget tools yang bisa membantu kita untuk mengoptimasi blog, mulai dari tools untuk mencari ide konten, riset kata kunci, hingga monitoring performa blog / konten.

Belajar Coding

Ini sebenarnya nggak begitu krusial untuk dilakukan. Apalagi ada banyak jasa otak-atik website/blog. Namun, akan jadi nilai plus kalau kita bisa mengerti coding dasar. Ya, setidaknya html css lah.

[Ulasan yang lebih panjang dapat dibaca pada artikel aslinya: 5 Tips Blogging untuk Optimasi Blog]

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Elrisa Thiwa Nadella
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram