fbpx

tips dan trik pulkam naik kapal disaat pandemi

February 26, 2021

Tak ada yang menyangka pandemi ini membawa begitu banyak perubahan. Terutama buat saya pribadi, saya yang notabene sebagai nakes di salah satu Rumah sakit regional di Sulsel sadar bahwa rentan untuk terkena wabah covid-19 secara disana salah satu pintu masuknya. tentu perilaku safety kian saya terapkan sebelum pandemi datang, terlebih lagi saat pandemi melanda. penerapan protokol kesehatan selalu dilakukkan saat berada di luar rumah, interaksi dengan orang luar cukup dibatasi, dan banyak hal lain yang sudah menjadi kebiaasaan baru saya semenjak dan sampai sekarang masih dilakukan.

 

sebelum tahun 2020 berakhir dan jatah cuti masih full, saya manfaatin untuk pulkam. Dua hari satu malam untuk perjalanan dan sisanya mari istirahatkan diri dari permintaan cito dan bunyi aiphone depo.haha. sebenarnya rindu dengan masakkan Emak dan segala hal yang berkaitan dengan rumah.
Nah sebelum memutuskan pulkam saat pandemi, apalagi kita menggunakan transportasi kapal, beberpa hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan :
 1. Memeriksa kesehatan
     langkah pertama yang perlu dilakukkan adalah memeriksa kesehatan, apakah kamu terbebas dari virus covid-19? dengan cara swab test, rapid test (antigen dan antibody) terjantung pemeriksaan apa yg disarankan oleh pihak pelni sebagai salah satu persyaratan berjalanan.
2.Memanajemen barang bawaan

     Dari pengalaman sebelumnya, barang bawaan cukup menyita tenaga dan kantong. memang tidak ada yang salah dengan barang bawaan. hanya saja, jangan sampai barang-barang itu mebuat suasana menjadi tidak nyaman. Nah, oleh karena itu kita perlu memanajemen barang bawaan demi perjalanan pulkam yang mengasyikan. Seperti berapa banyak pakaian yang akan digunakan disana, kalo kami menerapkan sistem cuci pake, setelah dipake maka langsung dicuci, kemarin saat pulkam saya hanya membawa 2 gamis, 1 baju kaos atasan, 3 jilbab pasang dan 2 rok, dalam satu ransel untuk 9 hari perjalanan. jadi satu orang satu ransel. kita tidak akan kerempongan bila sudah mempertimbangkan hal tersebut.
3. Membawa sandal jepit
     Saat ingin ke kamar kecil, ingin wudhu menggunakan sandal jepit paling nyaman dan praktis, tak perlu satu menit untuk memakai dan mencopotnya
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nurul kuratul hayati
perempuan biasa, yang nyambi sebagai asisten apoteker, volunteer, suka traveling, photografer amatiran dan suka bereksperimen didapur.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram